Kisah Dokter Lulusan Universitas Inggris yang Pilih Jadi TNI, Alasannya Mulia

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 27 Sep 2021 12:45 WIB
Letda Ckm dr. Jason Foto: YouTube TNI AD
Jakarta -

Seorang dokter mengungkap perjalanannya bergabung dengan TNI AD. Kisahnya pun dianggap inspiratif karena ada alasan mulia di balik keputusan tersebut. Ia mengaku ingin mengabdi pada lebih banyak masyarakat hingga ke pelosok Indonesia. Intip cerita pria yang lulus dari universitas di Inggris ini.

Adalah Letda Ckm dr. Jason Anthony Wibowo, seorang Perwira Remaja Pusdikkes. Anggota TNI AD itu baru-baru ini menceritakan perjalanannya menjadi seorang perwira. Pria 28 tahun tersebut adalah lulusan S1 Fakultas Kedokteran Program Internasional. Jason mengambil double degree karena itu ia sekaligus menamatkan S2 di Universitas Newcastle di Inggris.

Letda Ckm dr. JasonLetda Ckm dr. Jason Foto: YouTube TNI AD

Di Inggris, studinya berfokus pada aplikasi stem cell untuk berbagai prinsip ilmu spesialisasi kedokteran. Ketika itu, dr. Jason berharap bisa menerapkannya di Indonesia. Namun jalan hidup membawanya pada TNI. Ketika kembali ke Indonesia dan melakukan magang, ia pernah mengikuti bakti sosial yang menginspirasinya untuk menjadi dokter militer.

"Waktu saya mengikuti baksos dengan TNI AD, di sana kami melakukan operasi katarak gratis di Wini, Nusa Tenggara Timur di situ saya melihat TNI punya korps kesehatan yang besar mereka bisa menaungi dokter dan nakes lain supaya bisa berkembang.

Letda Ckm dr. JasonLetda Ckm dr. Jason Foto: YouTube TNI AD

"Di situ saya yang dokter sipil tertarik, mengapa tidak bergabung dengan TNI AD karena dengan bergabung dengan TNI saya bisa semakin memperluas pengabdian saya sebagai profesi dokter dan bisa menjangkau masyarakat Indonesia lebih luas lagi," ungkapnya dalam video yang diunggah di YouTube TNI AD.

Jason pun tertarik masuk TNI AD karena dinilai punya korps kesehatan yang besar dengan rumah sakit yang tersebar dari Sabang sampai Marauke. Setelah berkonsultasi dengan dokter-dokter yang ditemuinya selama baksos akhirnya ia membulatkan tekad meski tahu ada suka dan dukanya.

Letda Ckm dr. JasonLetda Ckm dr. Jason Foto: YouTube TNI AD

"Saya tertarik meski ada suka dan dukanya saya anggap itu semua bagian perjalanan karier, kalau kita sudah bertekad sudah berkomitmen apapun yang kita hadapi pasti bisa, itu yang selalu saya pegang dalam prinsip saya," kata Jason.

Jason telah melewati pendidikan PaPK selama tujuh bulan dan dilanjutkan dengan pendidikan kecabangan kesehatan di Pusdiklat selama lima bulan. Pria itu pun kini ditugaskan di RSPD Gatot Subroto dan ditempatkan di ICU sebagai bagian dari satgas perbantuan COVID-19.

Letda Ckm dr. JasonLetda Ckm dr. Jason Foto: YouTube TNI AD

Untuk tugas barunya ini, Letda Ckm dr. Jason mengaku mendapat dukungan dari keluarga. Pria itu juga menerapkan 'mindset' bahwa ia akan menjalaninya dengan selamat dan berhasil selagi selalu berdoa. Terakhir, Jason mengungkap harapannya untuk ke depannya agar bisa lebih mengabdi pada Indonesia.

"Harapan saya tentunya bisa mengabdi kepada negara Indonesia tercinta, bisa mengabdi untuk masyarakat sebagai pengabdian profesi dokter dan saya bisa menjangkau seluruh masyarakat di Indonesia. Dengan TNI saya yakin itu semua bisa terjangkau," kata dr. Jason.

Letda Ckm dr. JasonLetda Ckm dr. Jason Foto: YouTube TNI AD
(ami/ami)