Ini 10 Perusahaan dengan Karyawan Paling Bahagia Beserta Alasannya

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 12 Okt 2021 07:30 WIB
Multi ethnic group of professionals at a coworking office in a meeting discussing something looking focused Foto: iStock
Jakarta -

Perusahaan yang memberi gaji tinggi belum tentu membuat para pekerjanya bahagia. Berdasarkan riset yang dirilis baru-baru ini, kebanyakan profesional lebih mengutamakan lingkungan yang positif dan memahami situasi sulit selama pandemi. Adobe pun terpilih sebagai perusahaan dengan karyawan paling bahagia di 2021.

Sebuah riset yang dilakukan oleh Comparably mengungkap 10 perusahaan dengan pekerja paling bahagia di 2021. Situs tersebut membuat peringkat berdasarkan hal-hal yang dianggap berkontribusi pada kepuasan seorang karyawan sekarang ini. Berikut beberapa di antaranya yang bisa menjadi patokan kebahagiaan pekerja dalam perusahaan:

- Apakah lingkungan kerja memberi kesan positif?
- Apa kamu dibayar dengan adil?
- Apa kamu puas dengan fasilitas kantor?
- Apa perusahaan punya tujuan yang jelas dan kamu bekerja untuk mewujudkanny?
- Apa kamu biasanya semangat bekerja?
- Apa kamu menanti berinteraksi dengan rekan-rekan kerja?
- Apa kamu bangga menjadi bagian dari perusahaanmu?
- Dari skala 1-10, seberapa kamu mau merekomendasikan perusahaan kepada teman?

Dari pertanyaan-pertanyaan di atas, Adobe menggeser posisi Zoom sebagai perusahaan dengan karyawan paling bahagia tahun lalu. Salah satu hal yang membuat peringkatnya melonjak adalah karena Adobe dianggap mengerti tantangan bekerja selama pandemi COVID-19 dan sukses menemukan solusinya.

Dilansir CNBC, Adobe memberikan karyawan 20 hari libur berbayar tambahan untuk menanggulangi hal-hal tak terduga, misalnya karena terinveksi Corona dan bencana lainnya. Perusahaan juga memberikan jam kerja yang fleksibel agar pekerja bisa mengurus hal-hal lain terkait pandemi dan menambahkan tunjangan kesehatan.

Hal penting lain yang dirasa penting selama pandemi adalah kesempatan untuk tetap terkoneksi dengan rekan-rekan. Karena itu, perusahaan yang tetap bisa memperkuat kerja dan budaya tim dianggap lebih unggul dibanding kantor lainnya. Berikut daftar 10 perusahaan dengan karyawan paling bahagia di Amerika Serikat berdasarkan riset:

1. Adobe
2. RingCentral
3. Hubspot
4. Peloton
5. Microsoft
6. Farmers Insurance
7. IBM
8. Medallia
9. Zoom Video Communications
10. Experian North America

(ami/ami)