Daftar 15 Negara Paling Lelah karena Bekerja dan Kurang Tidur, Ada Indonesia?

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 23 Sep 2021 13:15 WIB
Sitting At A Desk And Working With Her Laptop Computer In The Office Foto: iStock
Jakarta -

Tidur yang berkualitas adalah salah satu kunci dari kesehatan. Bukan hanya menghindarkan kita dari penyakit, istirahat yang cukup akan mengoptimalkan performa kerja. Sayangnya justru karena pekerjaan banyak orang jadi kekurangan jam istirahat. Sebuah riset pun dilakukan Sleepseeker beberapa waktu lalu. Terungkap ada 15 negara paling lelah karena kurang tidur, Indonesia termasuk?

Laporan terbaru Sleep Seeker yang mengungkap jika banyak orang di dunia yang kekurangan tidur. Ada berbagai alasan yang melatarbelakanginya, pekerjaan adalah salah satunya. Selain tuntutan karier, istirahat yang tidak berkualitas juga dipengaruhi oleh aktivitas online. Keduanya berisiko menyebabkan kelelahan atau burnout.

Sebuah riset pun dilakukan untuk melihat negara mana saja yang kelelahan karena kerja dan internet. Berdasarkan rata-rata jumlah jam kerja dan screen time (waktu menatap layar gadget) per hari, berikut daftar 15 negara yang paling lelah di dunia:

1. Singapura
Singapura mendapat nilai kelelahan 7,20. Negara kecil ini dikatakan punya banyak faktor yang membuat warganya sering merasa kelelahan. Kehidupan sibuk orang-orang Singapura yang menjadi pusat teknologi di Asia Tenggara berkontribusi pada tingkat kelelahan yang memuncak.

2. Meksiko
Meksiko adalah salah satu negara berpenduduk terpadat yang kaya sumber daya alam, mulai dari perak, minyak, kapas hingga kopi. Diprediksi jika ekonomi negara yang tengah berkembang adalah salah satu alasan mereka kurang bisa menerapkan work-life balance. Kesibukan masyarakatnya yang giat bekerja menjadi nilai kelelahan mencapai 7.01.

3. Brasil
Negara ketiga yang masuk daftar paling kelelahan adalah Brasil. Seperti Meksiko, negara ini punya banyak sumber daya alam, mulai dari besi, baju, minyak bumi, dan semen. Negara tersebut juga punya sektor teknologi yang berkembang sehingga tak heran jika nilai kelelahannya mencapai 6,28.

4. Amerika Serikat
5. Jepang
6. Inggris
7. Selandia Baru
8. Australia
9. China
10. Kanada
11. Italia
12. Swiss
13. Jerman
14. Perancis
15. Belanda

Berdasarkan riset, pekerjaan adalah salah satu hal yang membuat orang kurang tidur dan kelelahan. Dengan lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja kita juga jadi kurang bersosialisasi sehingga tubuh dan pikiran tidak sempat beristirahat dan pulih. Berikut daftar 15 negara yang paling banyak bekerja berdasarkan jam kerja per tahunnya:

1. Meksiko
Berdasarkan riset ini orang-orang Meksiko adalah yang paling banyak bekerja. Dalam sehari kebanyakan dari mereka bisa menghabiskan 8,67 jam untuk pekerjaan selama lima hari seminggu tanpa liburan.

2. Singapura
Singapura tentu masuk dalam daftar. Dikatakan jika Singapura menjadi negara dengan populasi paling banyak bekerja. Rata-rata mereka menghabiskan 2.238 jam per tahun untuk pekerjaan. Waktu yang mereka gunakan untuk pekerjaan membuat banyak orang di sana merasa kelelahan.

3. China
Meski tidak masuk dalam daftar negara paling kurang tidur, orang-orang di China termasuk paling banyak bekerja. Dikatakan jika mereka rata-rata bekerja 2.174 jam per tahun. Hal tersebut membuat banyak warganya kurang bisa menikmati waktu santai sehingga susah untuk relaks.

4. Amerika Serikat
5. Selandia Baru
6. Jepang
7. Italia
8. Brasil
9. Kanada
10. Inggris
11. Australia
12. Swiss
13. Perancis
14. Belanda
15. Jerman

Indonesia sendiri tidak masuk dalam daftar 15 negara paling banyak bekerja atau paling kurang istirahat.

(ami/ami)