Lebih dekat dengan Anak Sultan Pemilik Masjid di Subang Viral Rendah Hati

Tim Wolipop - wolipop Selasa, 05 Okt 2021 17:30 WIB
Kisah anak pemilik masjid viral di media sosial Foto Raja, remaja yang viral di media sosial. Foto: Dok. pribadi Mat Peci.
Jakarta -

Seorang remaja mendadak viral di media sosial karena aksinya sedang merapikan sandal dan menyambut orang yang ingin beribadah ke masjid. Ternyata remaja tersebut merupakan anak dari pemilik masjid dan resort mewah di Ciater, Subang, Jawa Barat.

Video tentang remaja tersebut dibagikan oleh akun TikTok @matpeciii. Dalam video terlihat remaja yang berambut keriting dan memakai baju koko putih itu sedang menyambut orang yang ingin beribadah.

"Walaikumsalam silakan, sandalnya boleh ditaruh sebelah sini," ucap remaja tersebut.

Mat Peci mengatakan jika remaja tersebut merupakan anak dari pemilik masjid dan hotel mewah di Ciater. Ia pun berbincang singkat dengan remaja tersebut.

"Adek ini ternyata sultan. Kerjaannya menyambut tamu, mendoakan tamu, dan merapihkan sandal di masjid. Alhamdulillah Mat Peci meliihat adek ini lagi. Terkenal di langit, tidak terkenal di bumi #matpeci #fyp @achiehilman @ochihilman," tulis akun TikTok @matpeciii (28/9/2021). Kisah viralnya KLIK DI SINI.

Kisah anak pemilik masjid viral di media sosial.Kisah anak pemilik masjid viral di media sosial. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @matpeciii.

Wolipop sudah menghubungi Hilman Firmansyah atau akrab disapa Mat Peci yang mengunggah video TikTok tersebut. Ia mengaku awalnya tak sengaja datang ke masjid tempat remaja tersebut berada. Saat itu dia datang ke masjid untuk salat di sela-sela perjalanan menuju ke Ciater untuk bertamasya dengan keluarga.

"Awalnya hari Sabtu (25/9/2021) aku sama keluarga besar ada ibu, kakak dan sepupu sekitar 4 mobil piknik ke Ciater. Dan menyewa villa gitu kan. Sebelum sampai kita salat Dzuhur dulu kan ada masjid As-Sa'adah," kata Mat Peci kepada Wolipop lewat telepon, Rabu (29/9/2021).

Kenal Lebih Dekat dengan Raja

Viral dikenal sebagai anak 'Sultan' yang rendah hati, Raja muncul di televisi menjadi bintang tamu. Dalam wawancara dengan Kopi Viral Trans TV, Raja mengungkap sedikit profilnya. Dia adalah seorang pelajar kelas 3 SMK di Subang, Jawa Barat. Ia enggan mengaku jika masjid dan resort mewah tersebut adalah milik keluarganya.

"Saya nggak mau ngomong soalnya malu semuanya kan cuma titipan. Jadi nggak mau menjelaskan ke teman-teman bahwa saya yang punya," ungkap Raja di program Kopi Viral, Transtv.

"Memang di daerah saya itu kalau orang yang 'punya' itu rada dijauhin (dari pergaulan) dari teman-teman. Mereka bilang duh maaf kamu kan orang kaya gitu. Jadi makanya sama saya selalu ditutupin gitu," lanjut Raja sambil menaruh tangan di depan dada.

Ia mengucapkan alasannya mau merapikan sandal dan menyambut jamaah yang ingin beribadah di masjid. Dia mengaku terinspirasi dari resepsionis hotel, front office dan house keeping yang selalu menyambut tamu dengan ramah.

"Cuman saya relate-in gini kok rumah Allah masjid tidak ada yang menyambut. Nah, makanya saya beranikan diri untuk menunjukkan dimana letak toilet, tempat wudhu dan lainnya. Kalau saya setiap Jumat, Sabtu dan Minggu karena hari biasa sekolah," ungkap Raja.

Raja juga mengucapkan alasannya mengapa menaruh tangan di dadanya. "Saya mengambil kebiasaan ini pertama dari hotel. Karena karyawan kalau ketemu tamu selalu begini (tangan di dada). Dan saya ambil China dan Jepang juga melakukan itu. Saya otodidak saja," tambahnya.

Anak ketiga dari empat bersaudara ini menjelaskan jika kedua orangtuanya mengetahui kegiatan Raja yang merapikan sandal di masjid. "Orangtua tahu dan mendukung. Saya nggak dibayar benar-benar niat ridho Lillahita'ala," tuturnya.

Raja menuturkan jika usaha resort mewah dan masjid tersebut adalah usaha keluarganya. Kini dikenal karena rendah hati, ia pun mengaku sudah dari kecil diajarkan oleh kedua orang tuanya untuk bersikap demikian.

Kisah anak pemilik masjid viral di media sosial.Kisah anak pemilik masjid viral di media sosial. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @matpeciii.

Remaja yang berambut ikal ini menceritakan kegiatannya sehari-hari selain aktif sekolah, dirinya tertarik dengan dunia bisnis. Sejak usia 10 tahun, Raja sudah tidak meminta uang kepada kedua orangtuanya. Selain menjalani usaha ternak ikan lele, dia juga memiliki kafe.

"Untuk kegiatan sekarang itu lagi majuin usaha cafe kopi sendiri," ucapnya.

Memiliki orangtua berkecukupan dan punya uang dari bisnisnya sendiri, Raja enggan memakai barang mewah, seperti sepatu dan baju bermerek. Apa alasannya?

"Nggak suka, ya memang kepengennya sederhana aja. Biar dilihat orang lain bukan seperti orang 'punya' gitu. Ya nggak mau aja takut gimana-gimana," ucapnya dengan halus.

(gaf/eny)