Jordi Onsu Kuliah di Harvard, Ungkap Pengalamannya Jadi Mahasiswa Termuda

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 30 Sep 2021 19:00 WIB
jordi onsu Foto: Instagram @jordionsu
Jakarta -

Jordi Onsu diketahui sedang kuliah di luar negeri. Selama dua bulan, adik presenter Ruben Onsu tersebut akan menimba ilmu di Harvard Business School, Amerika Serikat. Dalam berbagai vlognya di YouTube, Jordi sering menunjukkan suasana kampus hingga pengalaman belajar sebagai mahasiswa termuda.

Jordi Onsu menjadi mahasiwa termuda dalam kelas Executive Education di Harvard Business School angkatan 2021. Bukan hanya dalam kelas, pria 28 tahun itu dikatakan adalah peserta didik paling muda selama program tersebut dibuat. Pebisnis Onsu Pangan Perkasa ini tentu merasa bangga.

"Mungkin aku bukan orang paling aktif di kelas tapi aku belajar paling banyak, setiap ketemu orang mereka selalu bilang 'so you're the youngest ever'," ungkapnya dalam video ROOM TOUR KELAS AKU DI HARVARD BUSINESS SCHOOL.

jordi onsujordi onsu Foto: Instagram @jordionsu

"Aku senang banget karena semua teman di sini melihat itu dan mengapresiasi itu bukan sebagai kekurangan tapi mereka happy bahkan beberapa yang usianya 55-56 sampai bilang 'Semoga anak gue mau kayak lo ya, mau nerusin kuliah lagi, giat belajarnya juga'" ujarnya.

Orang-orang yang mengikuti program kuliah Jordi Onsu umumnya adalah pebisnis dengan pengalaman minimal lima tahun. Tak sedikit dari mereka yang merupakan pengusaha sukses dari berbagai sektor usaha. Selain mengapresiasi Jordi sebagai mahasiswa termuda mereka juga dikatakan suka membantu.

"Mereka willing to help banget, mereka bilang 'anytime kalau mau (dibantu) bayarin tiket ke Indonesia atau datang ke negara gue atau butuh apapun tinggal ngomong di grup nanti kita bisa saling bantu'" kata pria yang dulu dikenal sebagai artis cilik ini.

jordi onsujordi onsu Foto: Instagram @jordionsu

Dalam video, Jordi berpendapat jika belajar bukanlah soal menjadi yang paling pintar di kelas. Menurutnya lebih penting untuk mencoba mengikuti pembelajaran dan menerapkan ilmu yang didapatkan dengan baik. Sejauh ini, ia merasa keputusannya belajar di Harvard Business School adalah pilihan tepat.

"Kadang ada yang tidak dimengerti, tahu artinya tapi karena pembahasannya berat jadi sulit dimengerti jadi kadang sedikit susah untuk mengikuti. Tapi paling nggak aku senang belajar karena pikiranku kebuka banget di sini, banyak hal baru yang aku tahu, contohnya tentang negosiasi," ungkap kekasih dari Frislly Herlind tersebut.

"Ini bukan cuma pengalaman atau pendidikan yang didapatkan di buku atau case study, tapi bagaimana kalian bisa bersosialisasi, memberikan respect ke orang lain, mewakili Indonesia juga memberikan attitude yang baik," kata Jordi Onsu.

(ami/ami)