3 Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 24 Sep 2021 17:40 WIB
Contoh surat pengunduran diri. Foto: Getty Images/iStockphoto/Halfpoint Contoh surat pengunduran diri. Foto: Getty Images/iStockphoto/Halfpoint
Jakarta -

Jika kamu ingin berhenti dari pekerjaan, menulis surat pengunduran jadi salah satu syarat administrasi yang harus dipenuhi. Bagaimana contoh surat pengunduran diri dengan baik dan benar?

Surat pengunduran diri adalah pernyataan tertulis dalam bentuk surat yang berisikan pemberitahuan bahwa kamu ingin berhenti dari pekerjaan. Surat pengunduran diri ini biasanya diberikan kepada atasan maupun HRD.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menulis Surat Pengunduran Diri

Jika kamu yakin untuk meninggalkan pekerjaan, hal pertama yang harus dilakukan adalah berbicara dengan manajer atau atasan langsung agar mereka tidak terkejut. Setelah selesai melakukannya, kamu siap untuk menulis surat pengunduran diri secara resmi.

Kriteria Surat Pengunduran Diri

1. Surat pengunduran diri harus singkat dan to the point. Kamu tidak perlu menyertakan penjelasan panjang lebar tentang alasanmu mengundurkan diri.

2. Jika kamu memiliki hubungan yang baik dengan atasan, tunjukkan niat baikmu dengan berbicara tentang bagaimana waktumu di perusahaan telah menguntungkan dirimu.

3. Hindari bersikap negatif dalam membuat surat pengunduran diri, selalu yang terbaik adalah pergi dengan hubungan baik jika atasan baru kamu ingin memeriksa riwayat pekerjaanmu.

Resignation letter resign with pen and keyboardContoh surat pengunduran diri. Foto: Getty Images/iStockphoto/Casper1774Studio

Bagian Pertama: Dasar Surat Pengunduran Diri

Tidak perlu menutup-nutupi atau menjadi kreatif di awal, sebutkan saja posisi kamu mengundurkan diri dan tanggal efektifnya. Meskipun kamu mungkin bercerita langsung dengan atasan tentang alasanmu untuk berhenti dari pekerjaan, kamu tidak perlu menjelaskannya dalam surat pengunduran diri.

Yang terhormat [Nama Atasan Kamu],

Mohon terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi bahwa saya mengundurkan diri dari posisi saya sebagai [jabatan] dengan [Nama Perusahaan].

Bagian Kedua Contoh Surat Pengunduran Diri: Terima Kasih

Selanjutnya, selalu merupakan ide yang baik untuk berterima kasih kepada atasan atas kesempatannya, menjelaskan beberapa hal penting yang kamu nikmati dan pelajari di tempat kerja. Kamu mungkin membutuhkan atasanmu untuk referensi di masa mendatang, dan meninggalkan hal-hal dengan catatan yang baik akan meninggalkan kesan positif yang bertahan lama.

Terima kasih atas kesempatan untuk bekerja di posisi ini selama [jumlah waktu lamanya kamu bekerja] . Saya sangat menikmati dan menghargai kesempatan yang saya miliki untuk [beberapa tanggung jawab pekerjaan Anda], dan saya telah mempelajari [beberapa hal spesifik yang telah Anda pelajari dalam pekerjaan], yang semuanya akan saya bawa sepanjang karier saya.

Bagian Ketiga Surat Pengunduran Diri: Hand-off

Terakhir, nyatakan kesediaan untuk membantu selama masa transisi. Biasanya butuh waktu hingga satu bulan sampai terakhir kamu bekerja sejak surat pengunduran diri diberikan. Kamu tidak perlu menjelaskan secara rinci, tetapi beberapa baris yang menyatakan bahwa kamu akan memastikan penyelesaian tugasmu dengan lancar akan menunjukkan bahwa kamu bertanggung jawab sampai akhir.

Selama satu bulan terakhir saya, saya akan melakukan segala kemungkinan untuk menyelesaikan tugas saya. Beri tahu saya jika ada hal lain yang dapat saya lakukan untuk membantu selama masa transisi.

Saya berharap perusahaan terus sukses, dan saya berharap untuk tetap berhubungan di masa depan.

Hormat saya,

[Namamu]

Berikut berbagai contoh surat pengunduran diri:

Contoh Surat Pengunduran Diri 1

Yang Terhormat, Bapak Don Cohen

Mohon terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi bahwa saya mengundurkan diri dari posisi saya sebagai Account Executive di Marketing Media. Hari terakhir saya adalah Kamis, 2 Maret.

Terima kasih banyak atas kesempatan untuk bekerja di posisi ini selama enam tahun terakhir. Saya sangat menikmati dan menghargai kesempatan yang saya miliki untuk mengembangkan tim penjualan dan hubungan kami, menjadi bagian dari menciptakan produk yang hebat, dan bekerja dengan rekan kerja. Saya telah belajar banyak tentang strategi pemasaran dan digital ruang media, yang pasti akan saya bawa sepanjang karier saya.

Saya akan melakukan segala kemungkinan untuk menyelesaikan tugas saya dan melatih anggota tim lainnya selama dua minggu ke depan. Beri tahu saya jika ada hal lain yang dapat saya lakukan untuk membantu selama transisi ini.

Saya berharap perusahaan terus sukses, dan saya berharap untuk tetap berhubungan di masa depan.

Hormat saya,
Anne Acharya.

KLIK HALAMAN SELANJUTNYA untuk mengetahui contoh surat pengunduran diri lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2