Simpel Banget! Begini Cara Jajan Hemat Jelang Akhir Bulan

Erika Dyah - wolipop Kamis, 19 Agu 2021 14:17 WIB
Ilustrasi Jajan Makanan Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Masih tengah bulan tapi keuangan rasanya mulai seret? Sepertinya hal ini dialami oleh cukup banyak orang. Di pertengahan bulan, kita harus pintar-pintar putar otak untuk tetap bisa jajan hemat biar nggak bokek di akhir bulan.

Meski masih harus menunggu tanggal gajian, kamu bisa lho tetap jajan enak dan menyenangkan diri dengan cara yang hemat. Caranya, dengan melakukan beberapa perencanaan dan mulai menerapkan gaya hidup yang lebih sederhana. Tak hanya itu, kamu juga bisa manfaatkan berbagai promo yang ada untuk bisa lebih hemat.

Melansir thesource, berikut beberapa cara yang bisa kamu praktikkan untuk bisa jajan hemat dan nggak bikin keuangan makin seret di akhir bulan.

1. Beli yang Standar

Ketika berbelanja bulanan, mungkin kamu akan memilih barang dengan merek terkenal karena menyukai kualitasnya. Akan tetapi umumnya barang bermerek memiliki harga yang juga lebih mahal.

Biar tetap bisa jajan hemat menjelang akhir bulan ada baiknya kamu membiasakan diri untuk membeli barang yang standar dengan kualitas yang sama namun lebih murah. Saat berbelanja, cobalah bandingkan harga suatu produk dari satu toko ke toko lainnya untuk tahu mana yang lebih murah. Jika bisa mengirit pengeluaran bulanan, kamu pun akan bisa jajan hemat meski menjelang akhir bulan.

2. Makan Murah

Salah satu pengeluaran terbesar adalah biaya makan. Terlebih jika kamu sering makan di luar rumah, tentunya pengeluaranmu akan semakin membengkak. Biar nggak perlu gigit jari dan tetap bisa jajan hemat menjelang akhir bulan, kamu bisa mulai membiasakan makan murah dengan lebih sering makan di rumah.

Misalnya, jika kamu sering membeli kopi atau snack tertentu dari kafe. Kamu bisa mulai kurangi hal tersebut dengan cara bikin sendiri kopi dan snack pakai bahan yang simple di rumah. Cari-cari resep di internet dan kreasikan sendiri sesuai seleramu. Dengan hal ini, kamu bisa lebih menghemat pengeluaran bulanan dan tetap bisa jajan meski di tanggal tua.

3. Buat Anggaran Mingguan

Buatlah anggaran dalam jangka waktu tertentu, misalnya per minggu, untuk mengelola keuanganmu. Kini banyak aplikasi di smartphone yang bisa kamu gunakan untuk mulai mengelola keuangan dengan mudah.

Kamu bisa catat dan atur pengeluaran untuk makan, biaya tempat tinggal, tagihan listrik, juga untuk jajan hemat menjelang akhir bulan. Lakukan secara konsisten ya biar keuanganmu tetap aman.

4. Kurangi Langganan Aplikasi

Tanpa disadari, seringkali kamu berlangganan terlalu banyak aplikasi padahal tak semuanya rutin digunakan. Untuk itu, kamu bisa mulai mengurangi pembayaran berbagai aplikasi yang jarang kamu gunakan. Misalnya, membatasi langganan aplikasi musik pada 1 aplikasi saja. Atau memilah langganan aplikasi movie streaming pada opsi yang lebih murah dan sering digunakan.

Jika tidak memungkinkan untuk mengurangi berlangganan, kamu tetap bisa lho jajan hemat dengan memanfaatkan promo dari berbagai platform termasuk platform dompet digital DANA.

DANA punya berbagai promo spesial seperti voucher diskon yang bisa kamu ambil di A+ Rewards di DANA, ada juga dari berbagai kerjasama dengan bank, mulai dari cashback hingga diskon, dan masih banyak lagi. Dengan bertransaksi lewat DANA, kamu bisa hemat dan nikmati berbagai hiburan menyenangkan.

Nggak cuma menyediakan promo-promo spesial, DANA juga menyediakan gratis biaya admin saat kirim uang dan top up sehingga kamu bisa #BebasDrama dan bebas bokek menjelang akhir bulan. Kamu bisa cek berbagai promo yang ada dari DANA untuk jajan hemat dan menyenangkan diri menjelang akhir bulan di sini!

(ncm/eny)