Jadi Kontroversi, Atlet Wanita Ditanya Soal Nikah Pascamenang Olimpiade

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 07 Agu 2021 18:00 WIB
TOKYO, JAPAN - AUGUST 01: Lijiao Gong of Team China celebrates with the gold medal during the medal ceremony for the Womens Shot Put on day nine of the Tokyo 2020 Olympic Games at Olympic Stadium on August 01, 2021 in Tokyo, Japan. (Photo by Ryan Pierse/Getty Images) Foto: Getty Images/Ryan Pierse
Jakarta -

Seorang atlet tolak peluru bernama Gong Lijiao baru saja meraih medali emas dalam Olimpiade Tokyo 2020. Wanita asal China tersebut kemudian diwawancara mengenai kemenangannya oleh seorang reporter. Wawancara tersebut menimbulkan kekesalan di kalangan netizen karena mempertanyakan penampilan maskulin Gong Lijiao dan keinginannya untuk menikah.

Sebuah wawancara yang dilakukan stasiun CCTV jadi kontroversi setelah menanyakan Gong Lijiao pertanyaan seksis. Sesaat setelah kemenangannya, ia malah diinterogasi tentang persoalan pribadi.

Dalam video yang viral, Gong disebut sebagai wanita yang berpenampilan maskulin. Kemudian reporter bertanya mengenai rencana Gong untuk mengakhiri masa lajang. "Ke depannya, apa kamu punya rencana dengan kehidupanmu sebagai wanita?" "Kamu selama ini hidup seperti wanita maskulin karena tolak peluru, sekarang kamu bisa menjadi diri sendiri,"

Gong Lijiao awalnya terkejut dengan pertanyaan tersebut tapi berusaha untuk menjawabnya dengan tenang. "Aku mungkin terlihat manly di luar tapi di dalam aku masih seorang gadis," katanya. "Mungkin aku akan melihat rencana-rencanaku lagi. Jika aku tidak latihan kemungkinan aku akan turun berat badan, menikah, dan punya anak. Ya, itu jalan yang kamu harus lalui dalam hidup," jelas Gong untuk pertanyaan kedua.

TOKYO, JAPAN - AUGUST 01: Lijiao Gong of Team China celebrates with the gold medal during the medal ceremony for the Women's Shot Put on day nine of the Tokyo 2020 Olympic Games at Olympic Stadium on August 01, 2021 in Tokyo, Japan. (Photo by Ryan Pierse/Getty Images)TOKYO, JAPAN - AUGUST 01: Lijiao Gong of Team China celebrates with the gold medal during the medal ceremony for the Women's Shot Put on day nine of the Tokyo 2020 Olympic Games at Olympic Stadium on August 01, 2021 in Tokyo, Japan. (Photo by Ryan Pierse/Getty Images) Foto: Getty Images/Ryan Pierse

Tak sampai di situ, reporter kemudian lanjut bertanya apakah dia punya pacar dan mungkin akan adu panco dengan pasangannya. Gong Lijiao tertawa dan menjawab, "Aku tidak adu panco. Aku orang yang lembut,"

Setelah itu Gong Lijiao berusaha untuk meninggalkan wawancara selagi reporter menanyakan seperti apa tipe pasangannya. Banyak orang merasa hal tersebut berlebihan terlebih pertanyaan-pertanyaan seperti itu hanya diajukan kepada wanita. Video wawancara ini jadi viral dan memunculkan trending tanda pagar 'Apakah pernikahan satu-satunya hal yang bisa dibicarakan tentang wanita?' di Weibo.

Sebelumnya Gong Lijiao sempat menangis ketika membicarakan kemenangannya setelah 21 tahun berlatih. Meraih medali emas di Olimpiade adalah impiannya. "Itulah mengapa kita harus bermimpi, siapa tahu terwujud sepertiku," ungkapnya.

"Bukannya dia tidak bisa menikah tapi belum ada pria yang cocok dengannya. Ketika bicara soal wanita, bukan hanya soal pernikahan atau penampilan tapi juga mimpi dan pencapaian," tulis seorang netizen yang dibalas Gong, 'Ini benar-benar mengekspresikan apa yang kurasakan! Terima kasih'.

(ami/ami)