10 Quotes Kehidupan dari Valentino Rossi yang Pensiun dari MotoGP, Inspiratif

Pool - wolipop Jumat, 06 Agu 2021 11:55 WIB
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - MAY 02: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT  prepares to start on the grid during the MotoGP race during the MotoGP of Spain - Race at Circuito de Jerez on May 02, 2021 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari)
Milan -

Valentino Rossi akan menyudahi kariernya sebagai pebalap Moto GP. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari quotes kehidupan Rossi. Apa saja?

Setelah melalui berbagai jatuh-bangun, ia akhirnya pensiun dari dunia yang telah ditekuninya selama 26 tahun tersebut.

"Saya sudah memutuskan untuk berhenti di akhir musim ini, jadi ini akan menjadi setengah musim terakhir saya sebagai pebalap MotoGP," ujar Rossi dalam jumpa pers resminya jelang MotoGP Styria, Kamis (5/8/2021), dikutip dari situs resmi MotoGP.

Rasa sedih dan kecewa tak dapat terhindarkan, apalagi pebalap 42 tahun itu harus mengakhiri kariernya tanpa pencapaian berarti.

Valentino Rossi mengumumkan akan pensiun usai MotoGP 2021. Rider 42 tahun asal Italia itu menuntaskan perjalanannya selama 26 tahun di dunia balap motor.Valentino Rossi mengumumkan akan pensiun usai MotoGP 2021. Rider 42 tahun asal Italia itu menuntaskan perjalanannya selama 26 tahun di dunia balap motor. (Foto: Getty Images/Victor Fraile)

Di sepanjang kariernya, Rossi yang juga menaruh ketertarikan pada balap mobil ini telah merengkuh sembilan gelar juara termasuk tujuh titel juara dunia di kelas premier. Namun, mahkota juara terakhir yang dimenangi Rossi direbut pada 2009.

Terlepas dari itu, sulit untuk membantah bahwa Valentino Rossi telah berhasil menjadi salah satu ikon olahraga di era modern ini.

Berikut sejumlah quotes kehidupan dari pebalab berjulukan 'The Doctor' itu.


1. "Balap motor adalah seni, sesuatu yang kamu lakukan karena kamu merasakan sesuatu di dalamnya."

2. "Saya Valentino Rossi dan saya ingin menjadi seseorang, bukan sebuah ikon."

3. "Hal terpenting adalah memiliki hubungan yang baik dengan motor. Kamu harus memahami apa yang dia mau. Saya memperlakukan motor layaknya seorang perempuan. Mungkin terdengar konyol, tapi itu benar."


4. "Saya mencoba memiliki hubungan yang berbeda dengan motor. Saya tidak memberinya namanya, tapi sering berbicara dengannya. Motor itu bukan sekadar sebuah besi, ada jiwa di dalamnya. Motor pun berbicara balik, tapi bukan lewat suara, melainkan komponennya."

Petronas Yamaha SRT's Italian rider Valentino Rossi takes a curve rides during the MotoGP third practice session of the Spanish Grand Prix at the Jerez Circuit in Jerez de la Frontera on May 1, 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)Valentino Rossi saat beraksi di sirkuit MotoGP (Foto: AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU)


5. "Sulit rasanya memenangkan Kejuaran pada tahun pertama. Kita butuh waktu untuk menjadi pribadi yang kompetitif dan memenangkan kompetisi."


6. "Untungnya saya telah memenangkan hampir semuanya selama berkarier. Jadi, saya perlu menikmatinya dulu agar bisa termotivasi lagi."

7. "Saya tidak suka menjadi orang terkenal. Rasanya seperti di penjara. Lebih buruk lagi kalau mengendarai Ferrari."

8. "Saya ikut balapan untuk menang. Mau itu menggunakan mobil atau motor, rasanya sama saja."

9. "Saya bisa mengendarai motor sambil memikirkan strategi dan teknik secara jernih. Saya juga selalu berpikiran positif dan kritis secara konstruktif."

10. "Mungkin motor lebih berbahaya, tapi passion saya pada mobil juga tak kalah berbahaya."

Demikian quotes kehidupan dari Valentino Rossi. Mana yang paling menginspirasi kamu?



Simak Video "Deretan Kontroversi yang Iringi Kesuksesan Squid Game"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)