5 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Sok Kuasa, Bossy Abis!

Tim Beautynesia - wolipop Senin, 02 Agu 2021 15:05 WIB
Too much work Cara menghadapi rekan kerja yang sok kuasa. Foto: iStock
Jakarta -

Apa kamu memiliki rekan kerja yang bossy? Bagaimana cara menghadapi rekan kerja yang sok kuasa?

Meski bukan atasan langsung atau berwenang atas kinerjamu, ada saja karyawan yang bertingkah seolah berada di atas karyawan lain. Tak jarang mereka memberikan instruksi layaknya seorang bos, merasa berkuasa untuk memerintah.

Jika sudah bertemu rekan kerja yang sok kuasa ini kamu pastinya akan jengkel dan pusing dibuatnya. Tapi jangan sampai malah kamu emosi berlebihan dan melakukan hal yang merugikan diri.

Berikut cara menghadapi rekan kerja yang sok kuasa:

Tolak Perintah di Luar Pekerjaan

Langkah pertama adalah menolak perintah di luar pekerjaanmu dan di luar batasan kewenangannya. Ada kalanya saat bekerja sama, kamu dan karyawan lain berhak memberikan instruksi. Jika memang dalam kondisi tersebut, kamu perlu mematuhi instruksi karyawan lain.

Namun jika tidak, abaikan dan tolak instruksi atau perintah dari karyawan lain yang di luar batas kewenangannya dan tidak sesuai dengan arahan atasan. Tolak perintah tersebut dengan tetap sopan dan tanpa emosi agar tidak memicu konflik di kantor.

Curhat dari Hati ke Hati

Cara menghadapi rekan kerja yang sok kuasa berikutnya adalah dengan curhat dari hati ke hati ke karyawan tersebut. Cobalah mengungkapkan berbagai kesulitan yang kamu hadapi dan mengapresiasi kebaikan hati karyawan tersebut. Setelah itu, sampaikanlah keluh kesahmu terhadap sikaprekan kerja yang bossy. Sebaiknya, sampaikan saat sedang berdua agar tak merusak harga dirinya di hadapan karyawan lain di kantor.

Tegur Kesalahannya dengan Tegas

Jika kamu sudah melakukan dua cara di atas, tetapi rekan kerja tersebut tetap bersikap bossy, maka langkah yang perlu kamu lakukan adalah menegurnya dengan tegas. Berikan sikap dan bahasa tubuh serius tanpa emosi yang berlebihan. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu benar-benar memperingatkannya agar tak berlaku yang sama.

Apalagi cara menghadapi rekan kerja yang sok kuasa? Teruskan membaca dengan KLIK DI SINI.



Simak Video "Nuansa Gelap Poster Drakor Jisoo BLACKPINK-Jung Hae In 'Snowdrop'"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)