6 Sikap yang Membuat Wanita Kurang Disegani Saat Jadi Pemimpin

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 01 Okt 2015 08:39 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Saat ini wanita memiliki kesempatan yang hampir setara dengan pria dalam urusan pekerjaan. Namun sebagian wanita masih sering menghadapi sejumlah tantangan dalam membangun imej berkuasa dalam karier mereka. Tantangan tersebut bukan berasal dari faktor eksternal namun diri sendiri.

Wanita karier dianggap masih sering menyepelekan kemampuan serta kuasanya dengan bersikap terlalu baik. Hal tersebut tentu berdampak buruk karena akan membuat citra mereka tidak kuat sebgai pemimpin. Sikap terlalu baik seperti apa yang bisa membuat wanita karier kurang disegani?

1. Merendahkan Bahasa
Karena tak ingin dianggap galak atau bossy, pemimpin wanita kerap 'merendahkan' bahasa mereka. Merendahkan di sini maksudnya adalah menggunakan kata-kata 'hanya' atau 'merasa' ketika memberikan sebuah pendapat. Misalnya saja, 'aku hanya ingin tahu' atau 'aku pikir ini kurang bagus'. Dilansir The Harvard Business Review, hal tersebut karena akan membuat Anda terdengar kurang berkuasa atau disegani. Disarankan agar Anda menggantinya dengan 'aku percaya' atau 'aku mengharapkan'.

2. Terlalu Banyak Minta Maaf
Karena memiliki perasaan yang halus, wanita sering terlalu banyak minta maaf. Kebiasaan tersebut ternyata juga bisa berpengaruh buruk terhadap karier mereka. Apalagi jika hal itu dilakukan bukan karena mereka benar-benar bersalah. Menurut Forbes, mengucapkan maaf yang sebenarnya tidak diperlukan akan meletakkan Anda pada posisi tunduk atau membuang kekuatan.

3. Mengizinkan Orang Lain Pakai Ide
Jangan biarkan orang lain menerima pujian yang seharusnya ditujukan untuk Anda. Jika rekan atau bos menggunakan ide Anda namun tidak menyebut nama Anda sebagai inisiator, sebaiknya katakan sesuatu. Anda tidak perlu melakukan konfrontasi jika tak mau menghadirkan konflik. Cukup dengan mengatakan, 'Terima kasih sudah menggunakan ide yang aku sarankan sebelumnya'.

4. Malu Promosi Diri
Wanita yang sebenarnya memiliki kecerdasan sering kurang nyaman jika harus mempromosikan dirinya sendiri. Kebiasaan tersebut menyebabkan mereka bergantung pada orang lain untuk membuat kerja keras serta prestasi dikenali. Sebaiknya hindari bersikap pemalu seperti itu. Jika bukan Anda yang akan mempromosikan karier sendiri, lalu siapa lagi?

5. Segan Minta Tolong
Tak ingin dianggap lemah atau bergantung pada orang lain, wanita berusaha untuk bersikap mandiri. Untuk itu, sebagian dari mereka kadang segan minta bantuan. Jika butuh pertolongan penting, misalnya terkait informasi lowongan kerja, sebaiknya tak perlu ragu memintanya dari orang-orang berpengaruh yang Anda kenal. "Ada kekuatan dalam meminta apa yang kita inginkan dan butuhkan," kata pengamat karier Bonnie Marcus kepada Forbes.

6. Memilih untuk Disukai
Ketakutan akan tidak disukai rekan dan atasan membuat sejumlah wanita karier sering main aman. Mereka juga kerap bersikap manis karena itu lah yang diharapkan lingkungan sekitar. Hal tersebut tentu bisa membuat Anda terlihat kurang berdaya. "Jika fokus utama kita adalah untuk disukai, kita tidak akan dilihat sebagai seorang pemimpin. Kita berisiko terlihat sebagai sebuah keset yang menyatakan opini kita karena kita utamanya hanya mencari persetujuan dari lainnya." kata Bonnie.
 

(ami/eny)