5 Jurusan Kuliah yang Banyak Diminati karena Pandemi COVID-19

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 06 Jul 2021 05:30 WIB
Divers group of high school of college graduates smiling during the graduation ceremony. They are standing in a row. Foto: iStock
Jakarta -

Pandemi Corona mengubah banyak aspek dalam kehidupan, termasuk pendidikan. Bukan hanya para murid dan mahasiswa terpaksa harus daring untuk menghindari kerumunan, mereka juga jadi berpikir ulang mengenai masa depan. Karena situasi ekonomi yang tidak menentu dan masa pandemi yang tidak pasti, banyak orang menimbang kembali pilihan jurusan kuliah agar nantinya mudah dapat pekerjaan. Berikut lima jurusan kuliah yang patut dipertimbangkan karena situasi pandemi menurut pakar.

Pendidikan/Teknologi
Tak hanya murid, para guru juga direpotkan dengan metode daring yang terpaksa diterapkan karena COVID-19. Hal tersebut membuat pengajar terdorong untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam hal mengajar sekaligus teknologi. Dilansir situs Western Governors University, salah satu program yang banyak diambil selama pandemi adalah Master of Education in Learning and Technology. Dengan jurusan ini, seorang guru akan punya nilai lebih untuk mengajar para murid secara online yang tampaknya masih cukup lama dilangsungkan dan menjadi metode pilihan di masa depan.

Jurusan yang berhubungan dengan pendidikan dan teknologi ini mempelajari bagaimana mengintegrasi komputer, gadget, kamera digital, media sosial juga internet dengan kurikulum dan teknik mengajar. Dengan begitu, seorang guru akan memiliki kemampuan dan strategi untuk berevolusi dengan teknologi sehingga selalu terkoneksi dengan bahan ajaran dan murid-murid dengan cara yang lebih berdampak.

Keperawatan
Salah satu pekerjaan paling dibutuhkan selama pandemi adalah tenaga medis. Peran mereka begitu penting untuk merawat para pasien COVID-19. Karena itu, jurusan kuliah keperawatan diprediksi meningkat 7% seiring dengan semakin dibutuhkannya kemampuan mereka dalam industri kesehatan. Tak hanya untuk menangani mereka yang sakit, studi lanjutan Ilmu Keperawatan juga patut dipertimbangkan untuk kamu nantinya bisa berkerja dengan data dan managemen.

Cybersecurity
Pandemi juga membuat banyak orang berpikir dan ingin mengubah jalur karier. Pekerjaan dari industri cybersecurity pun banyak dilirik. Pakar memprediksi bahwa kejahatan cyber semakin meningkat karena itu profesi sebagai analis keamanan informasi juga semakin dibutuhkan. Untuk itu, jurusan kuliah IT yang mempelajari cybersecurity juga semakin diminati belakangan. Selain karena permintaan dalam industri, pekerjaan di dunia ini dipertimbangkan juga karena tidak harus bertatap muka sehingga tak terlalu terpengaruh pandemi.

Marketing
Jurusan kuliah lain yang disarankan untuk mendapat kerja lebih mudah selama pandemi adalah marketing. Marketing adalah jurusan yang fleksibel dan dinilai bisa menjanjikan karier jangka panjang dalam banyak industri. Dengan begitu, kamu punya lebih banyak opsi profesi ketika nanti lulus universitas. Beberapa pekerjaan tingkat senior yang berkaitan dengan bidang studi ini, antara lain manajer marketing digital, brand manajer, manajer promosi, dan lain-lain.

(ami/ami)