Viral Bikin Miris Anak-anak Tak Tahu Lagu Ibu Pertiwi, Ini Cerita Lengkapnya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 02 Jun 2021 11:40 WIB
Viral eksperimen sosial bocah tak tahu lirik lagi Ibu Pertiwi. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @ayaibrahimchannel..
Jakarta -

Aplikasi TikTok menyajikan beragam konten. Mulai dari hiburan, dance, informasi, edukasi, dan masih banyak lagi. Salah satu yang menjadi tren belakangan ini adalah konten tentang eksperimen sosial, targetnya biasanya anak sekolah atau masyarakat umum.

Seperti eksperimen sosial ini ada seorang pria bertanya kepada anak-anak tentang potongan lagu Ibu Pertiwi. Lagu ciptaan Ismail Marzuki tersebut menggambarkan tentang Ibu Pertiwi, personifikasi nasional dari Indonesia atau nusantara. Lagu ini biasanya dinyanyikan oleh anak-anak sekolah di Indonesia, dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah, atau dimainkan dalam orkes saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Ialah Aya Ibrahim lewat akun TikToknya @ayaibrahimchannel, yang membuat video eksperimen sosial mengenai lagu Ibu Pertiwi tersebut dengan bertanya kepada anak-anak. Dalam video tersebut ia bertanya kepada tujuh orang bocah sambil memegang uang. Bagi bocah yang berhasil menjawab pertanyaan, akan mendapatkan uang.

Aya bertanya sambungan lirik lagi Ibu Pertiwi. "Sambung lirik : ku lihat ibu...?" tanya Aya.

Anak perempuan barisan pertama menjawab," Kulihat ibu...?" "Nonton Korea," ucap polos anak itu.

"Kulihat ibu...?" "Duduk," jawab bocah barisan kedua.

Viral eksperimen sosial bocah tak tahu lirik lagi Ibu Pertiwi.Viral eksperimen sosial bocah tak tahu lirik lagi Ibu Pertiwi. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @ayaibrahimchannel..

Anak-anak tersebut tampak kebingungan saat menjawab potongan lirik tersebut. Jawaban mencengangkan lainnya adalah gitar, menari, sedang susah, masak. Hanya ada satu anak yang jawab potongan lirik dengan benar yaitu, pertiwi.

Diakhir video Aya menjelaskan lirik yang benar dari lagu tersebut. "Kulihat ibu pertiwi," tuturnya. Berikut lirik lagu Ibu Pertiwi :

Bait Pertama:

Kulihat ibu pertiwi
Sedang bersusah hati
Air matanya berlinang
Mas intannya terkenang

Hutan gunung sawah lautan
Simpanan kekayaan
Kini ibu sedang susah
Merintih dan berdoa

Bait Kedua:

Kulihat ibu pertiwi
Kami datang berbakti
Lihatlah putra-putrimu
Menggembirakan ibu

Ibu kami tetap cinta
Putramu yang setia
Menjaga harta pusaka
Untuk nusa dan bangsa

Viral eksperimen sosial bocah tak tahu lirik lagi Ibu Pertiwi.Viral eksperimen sosial bocah tak tahu lirik lagi Ibu Pertiwi. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @ayaibrahimchannel..

Wolipop sudah mewawancarai Aya Ibrahim yang mengunggah video tersebut di akun TikToknya. Ia merasa terkejut ketika mengetahui videonya viral di media sosial.

"Kaget dan nggak nyangka, soalnya cuma iseng. Tahunya viral setelah banyak yang repost dan tahu dari orang-orang. Karena di repost akun-akun besar," kata Aya.

Video tersebut diambil pada 25 Mei 2021 di salah satu depan masjid di Bandung, Jawa Barat. Aya pun baru berkenalan dengan ketujuh bocah tersebut di masjid.

Pria 32 tahun itu mengungkapkan alasannya membuat video eksperimen sosial tersebut. "Berawal iseng pas aku syuting mukbang di halaman masjid, ditontonin bocil-bocil itu. Kepikiran bikin konten pertanyaan itu. Jawaban lucu-lucu dan di luar dugaan," kata Aya kepada Wolipop, Selasa (1/5/2021).

Ia menuturkan usia anak-anak yang ada di videonya tersebut sekitar 6-10 tahun. Aya merasa heran mengapa anak-anak tersebut tak mengetahui lirik lagu Ibu Pertiwi.

Aya menambahkan eksperimen sosial ini dibuatnya karena ingin memperkenalkan kembali lagu nasional dengan cara yang menyenangkan. "Lagu-lagu kebangsaan tetap dipelajari dikenalkan kepada anak-anak sebagai identitas satu bangsa, karena gak bisa dipisahkan antara agama dan kebangsaan. Inshaallah konten selanjutnya masih dengan para bocil-bocil bikin pertanyaan yang mengedukasi," pungkasnya dengan ramah.

Viral eksperimen sosial bocah tak tahu lirik lagi Ibu Pertiwi.Viral eksperimen sosial bocah tak tahu lirik lagi Ibu Pertiwi. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @ayaibrahimchannel..
(gaf/eny)