Viral di TikTok Anak-anak Gen Z Tak Tahu Peribahasa 'Berakit-rakit ke Hulu'

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 12 Nov 2020 14:13 WIB
Iben bertanya potongan peribahasa kepada bocah Foto: Screenshot TikTok @iben_ma.
Jakarta -

Peribahasa merupakan salah satu pelajaran dalam bahasa Indonesia. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) peribahasa adalah ungkapan atau kalimat ringkas padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup atau aturan tingkah laku.

Peribahasa pada masa sekarang ini sudah semakin jarang terdengar. Hal ini terbukti dari unggahan video TikTok akun bernama @iben_ma. Pemilik akun TikTok @iben yang bernama Benjamin Jusuf E. M. A.
bertanya pada beberapa gen Z yang ditemuinya soal peribahasa.

Dari video yang diunggahnya itu terlihat Ben melemparkan potongan peribahasa dan meminta anak-anak berusia sekolah dasar dan sekolah menengah pertam yang ditemuinya untuk melanjutkan peribahasa tersebut. Secara mengejutkan, anak-anak tersebut malah asing dengan peribahasa yang ditanyakan. Sontak video TikTok itu langsung viral.

@iben_ma

Interview Peribahasa 😂🙌🏻 ##semongko

♬ buttercup by jack stauber - kazuki Dio

"Lengkapi peribahasa berikut yah. Berakit-rakit ke hulu?," begitu Ben bertanya pada salah seorang anak. "Rekat-rekat terhulu," jawab sang anak.

Ben pun penasaran mengulang pertanyaan yang sama. Kembali bocah tersebut memberikan jawaban yang salah. 'Berenang-renang melulu," katanya.

Ben kemudian memberikan peribahasa berbeda. "Tong kosong?" tanyanya. "Nggak tahu bang," jawab bocah yang memakai kaus garis merah biru.

Iben bertanya potongan peribahasa kepada bocahBen bertanya potongan peribahasa kepada bocah. Foto: Screenshot TikTok @iben_ma.

Video selanjutnya memperlihatkan Ben kembali meminta bocah tersebut untuk melanjutkan perkataannya. Namun kali ini bukan ucapan peribahasa yang dilontarkannya.

"Tarek ses..," kata Ben. Dan bocah itu spontan membalas, 'Semongko.'

Iben pun mencoba bertanya ke anak lainnya. "Besar pasak?," tanyanya. Anak itu pun menggelengkan kepalanya, "Nggak tahu bang."

Namun giliran Ben melontarkan ucapan 'Tarek ses', sang bocah dengan spontan menjawab 'Semongko.'

Anak ketiga didatangi Ben untuk melanjutkan ekspreimennya soal pengetahuan peribahasa anak-anak gen Z. Kali ini dia bertanya pada seorang anak yang memakai baju koko putih.

"Lengkapi peribahasa berikut. Berakit-rakit ke hulu....," tanya Ben.

'Tepi tepi.. eh.. eh bertepi-tepi eh gak tau bang," jawab sang bocah yang kebingungan.

Iben bertanya potongan peribahasa kepada bocahBen bertanya potongan peribahasa kepada bocah. Foto: Screenshot TikTok @iben_ma.

Ben pun mengganti pertanyaannya. "Besar pasak?" tanyanya. Lagi-lagi si anak tidak mengetahui jawabannya. Namun saat diminta melanjutkan lanjutan dari ucapan 'tarek ses', sang anak bisa dengan lancar menjawab 'semongko.'

Melihat anak-anak gen Z yang tidak tahu lanjutan dari peribahasa yang dilontarkannya, Ben hanya tertawa. Video Ben yang diunggah ke TikTok pada Selasa (10/11/2020) itu hingga kini sudah dilihat lebih dari 4,5 juta kali, mendapat 345 ribu Likes dan 11 ribu komentar. Warganet yang menonton video tersebut sebagian kebingungan kenapa anak-anak gen Z tidak bisa menjawab pertanyaan Ben soal peribahasa.

"Eh sekarang emang SD diajarin apaa siiii kok pada gatauuu:(" tanya akun @its.

"KONTEN NYA BAGUS BGT !! menyindir anak muda sekarang yang lebih hapal trend dibanding pengetahuan disekolah🥺," tulis akun @WeAreOne.

"Kelihatannya sepele & bercanda ya ..? Tapi ternyata separah ini anak didik sekarang... Zaman yang sudah berubah atau mereka yang memang gak tau.??," ucap akun @Riyanti Simaremare.

"Jadi penasaran, kurikulum sekarang ini ngajarin pribahasa gak sih.. kok semuanya gak tau," tutur akun @RandyDhm merasa heran.

(gaf/eny)