Berawal dari Lockdown, Kisah Remaja Kantongi Rp 200 Juta Sehari karena TikTok

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 23 Mei 2021 08:00 WIB
alicia breuer Foto: Instagram @aliciarosebreuer
Jakarta -

Seorang remaja bernama Alicia Breuer mendadak terkenal di media sosial. Awalnya iseng membuat video selama lockdown, gadis 17 tahun ternyata mendapat banyak perhatian dari netizen TikTok. Sering unggah konten-konten lipsync hingga transisi, aplikasi tersebut sukses membuatnya menghasilkan hingga ratusan juta per hari.

Alicia Breuer belum lama bermain TikTok. Setelah akunnya diretas, wanita asal Inggris tersebut baru memulai lagi Juni tahun lalu dan kini sudah punya lebih dari 758 ribu follower. Diakui Alicia, awalnya ia hanya beralih ke TikTok untuk mencari kegiatan dan akhirnya dihubungi manajer talent digital setelah videonya sering jadi viral.

alicia breueralicia breuer Foto: Instagram @aliciarosebreuer

Setelah masuk manajemen, Alicia menerima semakin banyak tawaran kerjasama dari berbagai brand. Hingga kini, ia sudah berkolaborasi dengan merek-merek tekrenal, seperti Lancome, Urban Outfitters. Boohoo, Benefit, Fenty Beauty, dan Bershka. Dikatakan jika dalam sehari gadis itu bisa menerima £1.000 (Rp 20 jutaan) hingga £10.000 (Rp 202 jutaan). Karena itu, ia memutuskan untuk berhenti kuliah dan fokus pada TikTok.

"Jika sekarang aku bisa menghasilkan £10.000 di beberapa hari aku akan fokus lebih pada video-videoku ketika sekolah akhir tahunku berakhir, tidak ada gunanya masuk universitas," kata Alicia yang videonya sudah disukai lebih dari 15 miliar kali.

@aliciabreuer0

Banyak orangtua mendorong anaknya untuk mengutamakan pendidikan. Namun ayah dan ibu Alicia mendukung jika anak kedua mereka memilih tidak lanjut universitas. Padahal sebelumnya ia berencana untuk masuk jurusan psikologi dan belajar A-level (program untuk bersiap masuk perguruan tinggi). Tapi kini Alicia berubah pikiran bahwa untuk sukses tak perlu selalu dengan kuliah.

"Kesuksesan ini membuatku sedikit terkejut tapi itu membuatku merencanakan ulang masa depan. Aku tadinya akan belajar psikologi di universitas tapi akhirnya ini semua sukses dan aku tidak jadi mendaftar. Ibu selalu mendukung, selama aku senang, dia mendukung apapun yang aku lakukan," ujarnya.

Menjadi TikToker, dalam waktu singkat Alicia bisa punya penghasilan lebih dari orangtuanya yang membuka jasa penasehat keuangan. Meski begitu, membuat konten TikTok tidaklah selalu mudah. Menurutnya tidak semua video jadi viral namun ia berusaha untuk membuat video dan mengikuti tren dengan gayanya sendiri.

alicia breueralicia breuer Foto: Instagram @aliciarosebreuer

Tak hanya membuat video TikTok, Alicia sudah punya rencana untuk mengembangkan kariernya. Ia mengaku sedang bersiap untuk dikontrak agensi modeling hingga membuat situs pribadi hingga brand busana. Alicia tampaknya terinspirasi dari para selebgram yang sukses melebarkan sayap.

"Semua hal ini membuka mataku. Aku selalu ingin punya bisnis sendiri dan sekarang kita berada di era di mana kamu bisa jadi bos perusahaan yang pintar dan sukses dengan melewatkan rute tradisional untuk masuk kuliah," ungkap Alicia.

(ami/ami)