Kisah Wanita di Balik Meme Kebakaran, 17 Tahun Kemudian Raup Rp 6,8 M

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 30 Apr 2021 09:12 WIB
Disaster Girl Foto: Internet
Jakarta -

Di media sosial, kamu mungkin masih sering menemukan meme seorang anak kecil di depan rumah yang kebakaran. Gadis tersebut tampak tersenyum mencurigakan di saat sedang ada 'bencana' di hadapannya. Dijuluki 'Disaster Girl', foto ikonik itu telah memenangkan penghargaan fotografi dan dipublikasi di majalah. Tak disangka 17 tahun kemudian gambar tersebut menghasilkan Rp 6,8 miliaran.

Zoe Roth, gadis di balik 'Disaster Girl' mendapat buah manis dari popularitas wajahnya di internet. Ia baru saja menjual foto tersebut sebagai NFT. Seperti meme 'Overly Attached Girlfriend', foto itu dibeli oleh kolektor @3FMusic senilai 180 Ethereum atau setara $473.000 (Rp 6,8 miliaran).

Zoe sendiri kini telah berusia 21 tahun. Ia merupakan seorang mahasiswa yang juga bekerja sebagai pelayan. Februari lalu, wanita tersebut dihubungi oleh seseorang lewat email yang meminta untuk menjual foto tersebut sebagai NFT. Dilaporkan Dailymail, Zoe sedang bekerja di sebuah restoran Italia saat memantau jalannya pelelangan meme itu secara online.

Zoe Roth disaster girl memeZoe Roth disaster girl meme Foto: istimewa

Nft atau non-fungible token sendiri merupakan duplikasi dari karya seni atau teknologi yang diedarkan atau dijual secara resmi dan menyerupai aset aslinya dan dibeli menggunakan kriptokurensi.

Cerita di balik foto tersebut pun sebenarnya bukan benar-benar karena bencana. Saat foto itu diambil Zoe yang berusia empat tahun dan keluarganya tinggal di dekat stasiun kebakaran di Mebane, Carolina Utara. Keluarga mereka pun keluar rumah untuk melihat latihan pemadaman. Lalu sang ayah Dave mengambil foto Zoe sedang tersenyum di depannya.

Zoe Roth disaster girl memeZoe Roth disaster girl meme Foto: istimewa

Foto yang diambil secara iseng itu lalu memenangkan kontes di majalah pada 2008. Ketika diunggah secara online, gambar tersebut viral dan menjadi meme yang 'legend' hingga sekarang.

"Tidak ada orang yang berakhir jadi meme mencoba untuk melakukannya, itu hanya berakhir seperti itu. Apakah itu keberuntungan? Apakah itu nasib? Aku tidak tahu tapi aku akan mengambilnya," ungkap Zoe kepada Raleigh News & Observer.

Hasil penjualan gambar itu akan dibagi dua untuk Dave sebagai fotografer dan Zoe sebagai modelnya. Keduanya pun tampaknya senang akhirnya bisa menjual meme ikonik tersebut karena merasa punya kontrol atas karya mereka.

(ami/ami)