Wanita yang Dulu Viral Kini Jual Wajahnya yang Jadi Meme Senilai Rp 6 M

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 14 Apr 2021 11:46 WIB
Kalau kamu orang yang suka dengan meme, kamu pasti sudah tidak asing dengan meme overly attached girlfriend. Meme ini sering digunakan untuk bercandaan tentang pacar posesif yang menyeramkan.

Ternyata, asal muasal meme ini memiliki cerita unik. Dikutip dari Grunge, ada alasannya mengapa foto ini bisa viral.

Sebenarnya, foto ini merupakan sebuah tangkapan layar video dari Laina Morris yang saat itu berusia 20 tahun. Kala itu, ia mengunggah video parodi Justin Bieber Boyfriend dan menggantinya dengan perspektif pacar stalker.

Sehari setelah dia mengunggahnya, tangkapan layar video tersebut mendarat di Reddit, dan meme overly attached girlfriend pun lahir. Foto: YouTube
Jakarta -

Wajah seorang wanita bernama Laina Morris tiba-tiba jadi viral di 2012. Hal itu berawal ketika Laina membuat parodi video klip Justin Bieber yang berjudul Boyfriend. Ditonton lebih dari 21 juta kali hingga sekarang, ekspresi wajahnya dalam postingan itu diambil jadi meme dan dijuluki 'Overly Attached Girlfriend' karena lirik lagu yang dibuat Lana. Dulu jadi korban meme, kini ia dibayar miliaran rupiah.

'Overly Attached Girlfriend' muncul di era awal media sosial yang diramaikan oleh meme. Tak menyangka akan terkenal, Laina mengaku punya rasa benci tapi cinta dengan fakta bahwa wajahnya digunakan sebagai bahan bercandaan. Untungnya hal tersebut akhirnya berbuah manis. Beberapa waktu lalu, meme itu sudah terjual 200 ETH setara $411,000 atau Rp 6 miliaran.

Banyak orang yang belum familiar dengan NFT atau non-fungible token. NFT merupakan duplikasi dari karya seni atau teknologi yang diedarkan atau dijual secara resmi dan menyerupai aset aslinya. Sedangkan barang aslinya yang hanya satu disimpan oleh pembuat. Barang tersebut umumnya dilelang secara terbuka dan dibeli menggunakan kriptokurensi.

meme viralmeme viral Foto: Dok. Internet

Awal bulan ini meme 'Overly Attached Girlfriend' telah terjual secara token. Pembelinya adalah 3F Recording, sebuah perusahaan musik berbasis di Dubai yang membayar $560,000 atau Rp 8,2 miliaran melalui NFT The New York Times. Sebelumnya meme tersebut cukup banyak diperebutkan setelah NFT menjadi fenomena digital yang bisa diperjualbelikan dan menguntungkan kedua belah pihak.

"Kalian benar-benar membuatku emosional karena wajah menyeramkan yang aku buat sembilan tahun lalu?" tulisnya di Twitter.

Sebenarnya semenjak viral jadi meme, Laina Morris cukup banyak mendapat kesempatan langka, seperti tampil di Late Night with Jimmy Fallon hingga main iklan. Wanita yang berhenti dari YouTuber pada 2019 setelah mengalami depresi tersebut kini menikmati hasil paling menguntungkan dan tidak disangka.

"Kalian semua gila. Terima kasih untuk semuanya yang sudah membuat penawaran dan terima kasih pada @3fmusic. Sungguh kalian tidak tahu betapa ini akan mengubah hidupku. Aku bersungguh-sungguh. Aku sangat berterima kasih dan juga masih sangat terkejut. Sangat aneh. Sangat keren. Apa-apaan. Terima kasih, internet," tulisnya setelah meme itu terjual.

(ami/ami)