Mengenal Samia Suluhu Hassan, Presiden Wanita Pertama di Tanzania

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 09 Apr 2021 13:45 WIB
Tanzanias new president Samia Suluhu Hassan, right, is sworn in at a ceremony at State House in Dar es Salaam, Tanzania Friday, March 19, 2021. Samia Suluhu Hassan made history Friday when she was sworn in as Tanzanias first female president, following the death of her predecessor John Magufuli. (AP Photo) Foto: Instagram @samia_suluhu_hassan
Jakarta -

Bulan lalu Tanzania memiliki presiden baru yang mencetak sejarah. Adalah Samia Suluhu Hassan yang merupakan pemimpin wanita pertama di sana. Samia sebelumnya adalah wakil presiden yang kemudian mengambil alih posisi setelah Presiden John Magufuli meninggal. Samia kini merupakan satu-satunya pemimpin nasional wanita di Afrika.

Samia Suluhu Hassan yang juga sering dipanggil sebagai Mama Samia mengejutkan publik ketika dipilih menjadi pasangan calon presiden di 2015. Ketika akhirnya terpilih sebagai wakil presiden, ia menjadi satu dari sedikit wanita yang menjadi pemimpin di Afrika. Kini kepemimpinannya sangat diantisipasi karena jejak-jejak politiknya yang positif.

Presiden Tanzania Samia Suluhu HassanPresiden Tanzania Samia Suluhu Hassan Foto: Instagram @samia_suluhu_hassan

Perjalanan Karier Samia Suluhu Hassan

Samia pertama kali masuk pemerintahan pada tahun 2000. Di 2005, ia sempat ditunjuk sebagai menteri dari tenaga kerja, perkembangan gender, dan anak di Zanzibar. Saat itu, wanita 61 tahun ini membalik aturan bahwa wanita tidak boleh kembali ke sekolah setelah melahirkan. Sayangnya setelah Magufuli jadi presiden, sebuah aturan baru dibuat yang serupa dengan yang sebelumnya.

Dia menjadi wakil Majelis Konstituen di 2014 dan bertanggung jawab menciptakan konstitusi baru. Dilansir BBC, ketika itu Mama Samia dipuji karena sikap tenangnya dalam mengelola kekacauan politik di Tanzania dan caranya menangani beberapa anggota dewasa yang sering bicara blak-blakan.

Sikap tenang Samia juga sering disandingkan dengan Presiden John Magufuli. Magufuli dikatakan sering bersikap impulsif dan bicara 'apa adanya' sedangkan Mama Samia dinilai lebih bijaksana dan penuh pertimbangan. Dia juga dibilang adalah pendengar yang baik dan suka menuruti aturan dengan baik.

Sebagai Presiden Wanita Pertama

Samia Suluhu Hassan telah menjadi presiden selama lima tahun belakangan dan akan menjalani tugas barunya selama lima tahun ke depan. Ia merupakan presiden keenam di negeri tersebut. Setelah naik jabatan, banyak orang bicara mengenai tantangannya sebagai pemimpin. Selain pandemi Corona yang juga sedang dihadapi seluruh dunia, Samia juga harus mencari cara untuk menangani dari dampak ekonominya.

Tanzania's new president Samia Suluhu Hassan, right, is sworn in at a ceremony at State House in Dar es Salaam, Tanzania Friday, March 19, 2021. Samia Suluhu Hassan made history Friday when she was sworn in as Tanzania's first female president, following the death of her predecessor John Magufuli. (AP Photo)Tanzania's new president Samia Suluhu Hassan, right, is sworn in at a ceremony at State House in Dar es Salaam, Tanzania Friday, March 19, 2021. Samia Suluhu Hassan made history Friday when she was sworn in as Tanzania's first female president, following the death of her predecessor John Magufuli. (AP Photo) Foto: AP Photo

Mengutip Reuters, Samia juga dihadapkan dengan tugas memulihkan negara yang terpolarisasi selama bertahun-tahun oleh Presiden Magufuli. Ia pun perlu membangun basis politiknya sendiri untuk bisa memerintah secara efektif. Sejauh ini salah satu langkahnya yang dipuji adalah mendapatkan vaksin COVID-19 yang sebelumnya tidak dilakukan.

Sosoknya yang 'Private'

Mama Samia disebut punya kehidupan pribadi yang tertutup. Tidak banyak informasi diri yang diketahui publik. Diketahui jika ia kuliah administrasi publik lalu melanjutkan studi di Manchester University. Pada 1978, dia menikah dengan Hafidh Ameir yang merupakan seorang pengajar agrikultural.

Keduanya tampak punya kehidupan low profile dan tidak pernah terlihat bersama sejak Samia Suluhu Hassan jadi wakil presiden Tanzania. Namun diketahui jika mereka punya empat anak, salah satunya adalah Mwanu Hafidh Ameir yang merupakan salah satu anggota DPR Zanzibar.

(ami/ami)