10 Pemimpin Dunia dengan Gaji Tertinggi, Nomor 1 dari Negara Tetangga

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 14 Okt 2020 05:30 WIB
WHAKATANE, NEW ZEALAND - DECEMBER 10: New Zealand Prime Minister Jacinda Ardern meets with first responders at the Whakatane Fire Station on December 10, 2019 in Whakatane, New Zealand. Five people are confirmed dead and several people are missing following a volcanic eruption at White Island on Monday. (Photo by Dom Thomas/Radio NZ - Pool/Getty Images) Foto: Getty Images/Pool
Jakarta -

Bukan sesuatu yang mengejutkan jika presiden atau pemimpin negara digaji besar. Mengurus sebuah bangsa tentu tidak mudah, terlebih di saat-saat sulit seperti pandemi Corona yang sedang terjadi sekarang. Gaji presiden pun tidak sama untuk semua negara. Umumnya penghasilan mereka sesuai dengan kekayaan negara dan pendapatan per kapitanya meski pasti berlipat-lipat kali lebih banyak dari pada gaji kebanyakan masyarakatnya. Berdasarkan data dari International Monetary Fund dan CIA World Factbook, berikut 10 pemimpin dunia dengan gaji tertinggi yang bikin melongo.

10. Xavier Bettel, Perdana Menteri Luksemburg
Luksemburg adalah negara di sebelah Barat Eropa yang memiliki pendapatan per kapita tertinggi se Uni-Eropa. Luksemburg pun menjadi negara terkecil dalam daftar bayaran pemimpin paling tinggi. Perdana Menteri Xavier Bettel yang tengah memimpin negara itu pun menerima 48 sen dari 596 ribuan warganya sehingga diprediksi mendapat $278.035 (Rp 4,1 miliaran) per tahun.

9. Sebastian Kurz, Kanselir Austria

Sebastian Kurz, the foreign and integration minister of Austria. (Press TV)Sebastian Kurz, the foreign and integration minister of Austria. (Press TV) Foto: Press TV

Sedangkan Kanselir Sebastian Kurz yang memimpin Austria adalah orang termuda dalam daftar pemimpin berbayaran tertinggi. Pria 34 tahun tersebut mendapat enam kali gaji lipat gaji lebih tinggi dari pada kebanyakan warga Austria. Dalam setahun, pemimpin yang baru menjabat selama setahunan itu akan mendapatkan penghasilan $328.584 (Rp 4,8 miliaran).

8. Mohamed Ould Abdel Aziz, Presiden Mauritania
Pemimpin negara dari benua Afrika yang dibayar dengan gaji tinggi adalah Mohamed Ould Abdel Aziz. Presiden Mauritania tersebut dikabarkan menerima gaji per bulan yang hampir sama dengan penghasilan presiden China setahun. Dilansir portal berita online Saraya, Abdel Aziz yang sudah menjabat hampir 10 tahun itu bisa mendapatkan $330.000 (Rp 4,6 miliaran) per tahun.

7. Jacinda Ardern, Perdana Menteri Selandia Baru
Jacinda Ardern banyak dibicarakan karena kepiawaiannya dalam memimpin Selandia Baru. Tak heran jika perdana menteri wanita ini digaji tinggi. Dalam setahun, Jacinda dapat mengantongi penghasilan 20 kali lipat lebih besar dari pada kebanyakan warganya yakni sekitar $339.862 atau Rp 5 miliaran.

6. Angela Merkel, Kanselir Jerman

Angela Merkel: Kebijakan Ketat dan Tegas Perlu Untuk Selamatkan ManusiaAngela Merkel Foto: DW (News)

Selain Ardern, wanita lain yang mengantongi gaji tinggi sebagai pemimpin negara adalah kanselir Jerman Angela Merkel. Kanselir yang telah menjabat selama lebih dari 13 tahun itu dikatakan mendapat gaji delapan kali lipat pendapatan per kapita negaranya yakni sekitar $369.727 (Rp 5,4 miliaran).

5. Scott Morrison, Perdana Menteri Australia
Di posisi kelima ada Perdana Menteri Australia Scott Morison yang mengantongi tujuh kali lipat rata-rata pendapatan warganya. Pemimpin yang pernah jadi manajer di perusahaan itu dilaporkan akan menerima $378.415 (Rp 5,8 miliaran) per tahun.

4. Donald Trump, Presiden Amerika Serikat
Presiden yang sering mengundang kontroversi ini juga masuk dalam daftar pemimpin dunia dengan gaji tertinggi. Meski begitu, sesuai janjinya pria yang dulu dikenal sebagai pengusaha kaya itu tidak akan mengambil uang dari negara sepeser pun. Trump mengatakan akan mendonasikan semua penghasilan sebanyak $400.000 (Rp 5,9 miliaran) pada Amerika Serikat.

3. Ueli Maurer, Presiden Konfederasi Swiss
Ueli Maurer yang baru menjabat sebagai Presiden Konfederasi Swiss selama tiga bulan dilaporkan akan menerima $482.958 atau sekitar Rp 7 miliaran per tahunnya. Hal ini memang masuk akal mengingat Swiss dikenal sebagai salah satu negara terkaya. Gaji ini pun transparan untuk diketahui bersama karena Swiss tergabung dalam OECD ( Organisation for Economic Co-operation and Development).

2. Carrie Lam, Pemimpin Eksekutif Hong Kong

Carrie Lam Tak Ambil Pusing Sanksi AS TerhadapnyaCarrie Lam Foto: DW (News)

Carrie Lam yang tahun lalu mendapat banyak protes dari warganya terkait kebijakan ekstradisi menjadi pemimpin negara kedua berpenghasilan tertinggi. Wanita yang menjabat sebagai Pemimpin Eksekutif selama hampir dua tahun terakhir ini diprediksi mengantongi $568.400 (Rp 8,3 miliaran) per tahun.

1. Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Singapura

Singapore's Prime Minister Lee Hsien Loong arrives at the ASEM leaders summit in Brussels, Belgium October 19, 2018. REUTERS/Piroschka van de WouwSingapore's Prime Minister Lee Hsien Loong arrives at the ASEM leaders summit in Brussels, Belgium October 19, 2018. REUTERS/Piroschka van de Wouw Foto: Dok. REUTERS/Piroschka

Pemimpin negara dengan gaji tertinggi di urutan pertama adalah Perdana Menteri Singapura. Lee Hsien Loong yang telah menjabat selama 14 tahunan itu menerima $1.610.000 (Rp 23 miliaran). Ia mengantongi gaji 20 kali lipat pendapatan per kapita negaranya yang memang dikenal kaya dan berbiaya hidup mahal.

(ami/ami)