7 Contoh CV Fresh Graduate yang Simpel dan Modern

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 08 Feb 2021 15:32 WIB
Sitting At A Desk And Working With Her Laptop Computer In The Office Foto: iStock
Jakarta -

Kamu yang sedang mencari kerja mungkin perlu contoh CV fresh graduate yang simpel, menarik, namun berkesan. Kini banyak referensinya yang bisa ditemukan di internet. Dengan berbagai software dan aplikasi, curriculum vitae pun dapat dengan mudah dibuatkan. Sebelum memilih contoh CV fresh graduate mana yang paling cocok dengan profesi dan industri kerjamu, simak beberapa tipsnya.

CV Fresh Graduate


Orang yang baru lulus kuliah atau yang sering disebut fresh graduate mungkin ragu dalam membuat CV untuk pertama kali terlebih jika tanpa pengalaman. Apakah harus ditulis tangan, berformat doc, pdf, bahasa Inggris atau Indonesia, banyak pilihan yang membuatnya jadi membingungkan. Namun yang pasti, coba sesuaikanlah dengan bidang kerja masing-masing.

Disarankan bahwa CV fresh graduate seharusnya dibuat dengan singkat, padat, dan jelas. Entah kamu lulusan SMA atau universitas, dokumen tersebut diharapkan dapat memuat informasi sekaligus mempromosikan diri. Selain CV atau profil resume, lebih baik sertakan pula covering letter atau surat pengantar untuk memberikan 'salam' dan pengenalan singkat.

Tips Menulis CV Fresh Graduate

1. Kreatif Tapi Jangan Rumit
Pandemi Corona memang membuat cari kerja jadi lebih susah. Kamu mungkin sudah membuat beberapa kopian CV untuk ditujukan ke berbagai perusahaan tapi pastikan jangan buat isinya sama atau umum tapi jangan pula terlalu rumit hingga bikin pusing dan ilfeel. Meski lowongan yang ditawarkan perusahaan-perusahaan itu hampir sama kamu tetap perlu membuat personalisasi.

Misalnya dengan menuliskan mengapa kamu mau bekerja di perusahaan tersebut dan apa yang kamu tahu mengenai budaya atau produknya. Dengan begitu, perekrut atau HRD lebih tertarik untuk memanggil kamu.

2. Format yang Rapi
Sebelum menulis CV ada baiknya untuk melihat berbagai referensi terlebih dulu. Apalagi untuk kamu yang masih belum familiar dengan bagaimana contoh CV fresh graduate yang baik dan benar. Jika bisa kamu buatlah Curriculum Vitae dengan format yang singkat, runtut, dan tidak kuno. Belakangan HRD atau perekrut lebih suka dengan CV yang pendek namun memuat semua potensi si pelamar. Tapi pastikan jangan tampak seperti CV 'template' atau sekadar download yang ada di internet.

3. Jangan Kelewat Detail
Kesalahan CV lain yang sering dibuat oleh fresh graduate universitas, SMA, atau SMK adalah dokumen terlalu detail. Sebenarnya kamu tidak perlu membuat CV panjang apalagi sampai lebih dari dua halaman. Tinggalkan detail-detail yang kurang penting seperti riwayat sekolah sejak TK, riwayat pekerjaan magang atau pelatihan yang tidak berkorelasi dengan perusahaan atau jabatan, hingga permintaan gaji.

4. Menjual Diri
CV sebaiknya bukan hanya memuat riwayat hidup tapi juga kemampuan kamu yang benar-benar bisa digunakan perusahaan. Pastikan kamu mendeskripsikan diri sebagai seseorang yang mungkin mereka butuhkan tapi tentu jangan berlebihan apalagi mengada-ada. Masukkan pengalaman kerja atau pelatihan yang memang berkaitan dan membuat kamu dianggap cocok untuk paling tidak dipanggil interview.

Summary CV Fresh Graduate


Sebelum menjabarkan informasi diri, banyak pelamar fresh graduate memilih untuk mengenalkan diri terlebih dahulu dengan menempatkan summary CV atau ringkasan profil resume. Summary sendiri biasanya dihadirkan di bagian paling atas. Umumnya pernyataan tersebut berisi paragraf singkat mengenai minat atau kemampuan kerja yang berhubungan dengan profesi yang dilamar. Contohnya: 'Saya adalah fresh graduate yang bertekad untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan. Saya lulus dari universitas pendidikan dan punya beberapa pengalaman mengajar...'

Contoh CV Fresh Graduate


Berbagai contoh CV fresh graduate baik berupa tulis tangan maupun ketikan dalam bentuk doc bisa ditemukan di internet. Namun belakangan CV yang formatnya singkat dan menarik dengan gambar dan huruf unik jadi favorit. Umumnya pelamar akan menempatkan foto, data diri singkat, pengalaman kerja, pendidikan terakhir, kemampuan, dan media sosial di dalamnya. Intip tujuh contoh CV fresh graduate:

Contoh CV Fresh GraduateContoh CV Fresh Graduate Foto: Canva
Contoh CV Fresh GraduateContoh CV Fresh Graduate Foto: Canva
Contoh CV Fresh GraduateContoh CV Fresh Graduate Foto: Canva
Contoh CV Fresh GraduateContoh CV Fresh Graduate Foto: Canva
Contoh CV Fresh GraduateContoh CV Fresh Graduate Foto: Freepik
Contoh CV Fresh GraduateContoh CV Fresh Graduate Foto: Freepik
Contoh CV Fresh GraduateContoh CV Fresh Graduate Foto: Freepik
(ami/ami)