Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup atau CV Bagi Para Pemula

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 07 Nov 2020 16:06 WIB
Portrait of smiling businesswoman sitting alone on comfortable sofa at home with computer on knees. Happy female freelancer working remotely in own house, posing for photo, looking at camera. Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Cara membuat daftar riwayat hidup tidaklah susah. Namun kamu memang perlu mengetahui format dan hal-hal apa saja yang seharusnya dituliskan. Baik dalam bentuk doc atau pdf, daftar riwayat hidup yang biasa disebut sebagai CV (Curriculum Vitae) perlu memuat informasi dasar mengenai pelamar sebagai bahan pertimbangan untuk diterima kerja.

Perlu diingat jika daftar riwayat hidup atau CV yang baik dan benar bisa meningkatkan kesempatan kamu diterima kerja. Tak harus sangat lengkap, kamu hanya perlu menuliskan hal-hal yang sekiranya berhubungan dengan job desk kerja sekaligus 'menjual diri'. Sebelum mengisi daftar riwayat hidup atau mencari contoh-contohnya, kamu bisa mempertimbangkan dulu berbagai tips membuat CV.

Di sebuah cuitan Twitter yang viral, Lynda Ibrahim pernah menuliskan beberapa pelajaran standar dalam membuat CV yang diambilnya dari sekolah bisnis di AS dan pengalaman sebagai konsultan headhunter. Ia pun menyarankan agar CV dibuat dengan singkat dan efektif. Berikut enam hal yang menurutnya perlu diperhatikan saat membuat daftar riwayat hidup.

1. Ketika mengirim CV baik melalui email atau dokumen langsung, lebih baik sertakan covering letter atau surat lamaran kerja sebagai salam pembuka sekaligus pengenalan. Disarankan untuk membuat surat pengantar pendek sopan mengenalkan diri Anda ke HRD/headhunter.
2. Jika bisa kirimkan daftar riwayat hidup atau CV satu halaman saja kecuali kamu punya sejarah panjang dalam karier dan pendidikan, misalnya untuk seorang CEO.
3. Ambil pendidikan formal tertinggi untuk ditampilkan dalam sejarah akademis, misalnya SMA dan universitas.
4. Tuliskan prestasi dan kemampuan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamarkan.
5. Sertakan identitas diri kamu profesional di bawah nama. Lynda mencontohkan, 'I'm a business graduate majoring in International Marketing seeking to grow a rewarding brand management career in a multinational FMCG company'.
6. Tuliskan kecapan bahasa beserta tingkat kefasihannya. Misal: Indonesian: Native, English: Fluent, dll.

Cara membuat daftar riwayat hidup atau CV bagi yang belum pernah bekerja mungkin akan sedikit membingungkan. Di 2020, kamu bisa mencari berbagai contohnya mulai dari yang simple hingga kreatif. Yang perlu dicatat untuk pemula, kamu sebenarnya hanya perlu memastikan CV tersebut menjelaskan identitas diri, pendidikan, pengalaman magang, pengalaman berorganisasi, kemampuan bahasa, dan kemampuan khusus lain yang sesuai pekerjaan.

Sederhananya, format daftar riwayat hidup umumnya berupa daftar yang disusun ke bawah secara rapi. Berbagai contoh gambarnya bisa dengan mudah ditemukan di internet. Tapi jika kamu ingin daftar riwayat hidup atau CV yang lebih menarik dan modern, buatlah yang lebih kreatif.

Kamu bisa menggunakan bantuan website desain seperti Canva untuk melihat cara membuat daftar riwayat hidup atau CV seperti apa yang sedang tren sekarang. Umumnya CV yang banyak dikirim belakangan adalah yang singkat, padat, tapi informatif sekaligus terlihat unik. Sesuai pula format daftar riwayat hidup dengan industri kerja yang ingin kamu lamar atau kepribadian.

(ami/ami)