6 Website Membuat CV Gratis dan Menarik, Wajib Dilirik Pelamar Kerja

Lukita Wardani - wolipop Selasa, 19 Jan 2021 17:05 WIB
Cape Town, South Africa Ilustrasi website cv gratis. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Dalam proses melamar pekerjaan menyusun curriculum vitae (CV) merupakan salah satu hal terpenting. Bingung bagaimana membuat CV lamaran kerja? Kini ada website membuat CV gratis dan menarik.

CV sangat penting kamu perhatikan dalam proses melamar kerja. Sebab CV akan menjadi kesan pertama kamu pada perusahaan yang kamu incar untuk bekerja. Jika CV kamu kurang menarik, pastinya kamu tidak akan dilirik.

Berikut enam website membuat CV gratis dan menarik:

1. VisualCV

Pada website VisualCV, kamu dapat mengunggah informasi diri dari file yang ada atau memasukkannya secara manual dan mudah digunakan. Versi gratis dari layanan ini memberi kamu cukup fitur untuk membuat satu CV.

Meskipun mudah untuk mengunggah CV dan membuatnya namun kelemahan dari website cv gratis ini ialah tidak memetakan informasi dengan benar. Sedangkan layanan lain dapat mengidentifikasi bagian dan konten terkait data kamu dengan benar. Ini berarti akan membutuhkan sedikit pengeditan dari kamu untuk memperbaikinya

Unduhan PDF juga merupakan fitur yang berguna dari website VisualCV. Tetapi wattermark dari website tersebut tidak dapat hilang kecuali kamu mengupgrade menjadi pro.

2. Kickresume

Akun gratis website Kickresume memberi pengguna akses ke template CV yang basic, serta sejumlah entri dan kategori terbatas. Saat membuat CV menggunakan Kickresume, kamu dapat memasukkan informasi pribadi secara manual, atau mengimpornya dari LinkedIn. Saat CV kamu sudah siap, unduh sebagai PDF.

3. Canva

Website CV gratis berikutnya adalah Canva, yang sudah populer. Kamu tidak hanya dapat membuat resume dari awal di Canva, tetapi juga dapat memilih dari banyaknya template resume yang dapat disesuaikan. Berkat hal tersebut banyak orang yang lebih memilih Canva sebagai situs terbaik dalam membuat CV.

Cape Town, South AfricaIlustrasi website membuat CV gratis. Foto: Thinkstock

Pada website Canva jika kamu memilih tata letak yang telah dirancang sebelumnya, cukup mengedit teks tiruan dan menggantinya dengan informasi kamu sendiri. Kamu juga dapat menambahkan elemen desain tambahan (bentuk, garis, ikon, dan lainnya), mengubah latar belakang, dan mengunggah gambar. Setelah selesai kamu dapat membagikan tautan melalui email, atau mengunduhnya sebagai PDF.

4. CV Maker

Jika kamu mencari cara mudah untuk membuat CV, CV Maker adalah salah satu situs untuk dipilih. Kamu bahkan tidak perlu membuat akun, cukup isi formulir yang merinci informasi kontak, kualifikasi, dan pengalaman kamu. Kamu juga dapat memilih untuk menambahkan bagian custome ke CV atau menghapus bagian standar dengan membiarkannya kosong.

5. Resume.com

Website cv gratis ini bahkan tidak mengharuskan kamu membuat akun. Kamu dapat segera mulai membuat CV dari halaman beranda. Keuntungan besar lainnya dari situs ini adalah hanya akan menghasilkan CV satu halaman. Tapi perlu diperhatikan jika kamu memiliki riwayat pekerjaan yang panjang. Perlu diketahui pemberi kerja menyukai CV hanya satu halaman.

6. Linkedin

Mendaftar dan membuat profil LinkedIn tidak jauh berbeda dengan membuat profil media sosial apapun. Lihat beberapa alat LinkedIn dapat membantu memaksimalkan profil yang kamu tampilkan. Setelah menyelesaikan profil kamu, arahkan ke tombol lainnya di dekat kanan atas profil lalu pilih simpan ke PDF. Mudah kan.

Itulah enam website CV gratis dan menarik yang bisa kamu coba agar lamaran kerja kamu dilirik perusahaan incaran. Semoga beruntung.



Simak Video "Aksi Wanita Korsel Bela Atlet yang Dikritik Gegara Rambut Pendek"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)