Bikin Curriculum Vitae Lebih Menarik, ini 7 Tipsnya

Mega Wulandari - wolipop Jumat, 13 Mar 2020 05:30 WIB
ilustrasi fokus Curriculum Vitae lamaran kerja Curriculum Vitae. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Curriculum Vitae atau CV menjadi salah satu data penting yang harus dimiliki seseorang untuk melamar pekerjaan, magang atau menjadi sukarelawan. Melalui CV, perekrut bisa mengetahui gambaran diri serta kemampuan si pelamar.

Membuat sebuah CV yang menarik merupakan langkah awal untuk kamu bisa mendapat pekerjaan. Biasanya CV yang dilihat perekrut berdasarkan pada penampilan luar sebelum isinya, tetapi isi juga harus diperhatikan agar CV tidak terlalu panjang.

Berikut tujuh tips yang harus kamu tahu agar Curriculum Vitae yang dibuat bisa lebih menarik:

1. Membuat CV dengan Website


Majunya teknologi dan informasi saat ini bisa kamu gunakan untuk membuat CV melalui website seperti Canva, Resume.io, CV Maker atau Connect CV. Tidak hanya menggunakan aplikasi Word saja. Website-website tersebut bisa kamu akses secara gratis dan mudah. Selain itu juga terdapat beragam template yang bisa kamu gunakan untuk membuat tampilan CV jadi menarik.

2. Tidak Berwarna-Warni


Membuat CV dengan corak atau warna yang mencolok akan membuat CV kamu terkesan berlebihan dan tidak formal. Kecuali kamu melamar di perusahaan atau tempat yang membutuhkan desain menarik dan kreatif. Buatlah CV yang tidak terlalu berwarna, maksimal tiga warna, dan sesuaikan dengan posisi atau perusahaan di mana kamu melamar kerja.

Curriculum Vitae. Curriculum Vitae. Foto: ist.

3. Informasi Utama


Selain penampilan, isi dari CV juga menjadi penilaian. Tulislah informasi yang utama tentang diri kamu secara jujur meliputi data diri, latar belakang pendidikan terakhir, kemampuan dan pengalaman dan letakkan sesuai tempatnya karena CV adalah promosi diri.

4. Perhatikan Format Penulisan


Dalam penulisan CV, kamu harus memperhatikan kerapian tulisan sehingga mudah dibaca. Bisa menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jangan sampai ada kesalahan pengetikan atau penulisan agar tidak membuat bingung orang yang membaca.

Curriculum vitae. Curriculum vitae. Foto: iStock

5. CV yang Ringkas dan Jelas


Buatlah CV secara ringkas dan jelas sehingga perekrut dapat mengetahui diri kamu dengan mudah. CV yang panjang akan membuat perekrut merasa bosan bahkan tidak tertarik.

6. Prestasi yang Relevan


Cantumkan prestasi yang sesuai dengan posisi atau tempat kamu melamar kerja. Hal ini akan menjadi nilai tambah yang dilihat perekrut saat membaca CV kamu.

7. Cantumkan Informasi Kontak Diri dengan Jelas


Selain mencantumkan data diri, kamu juga harus mencantumkan kontak yang dapat dihubungi saat melamar kerja. Gunakan domain email resmi seperti niarahmaul@gmail.com. Jangan menggunakan email yang sifatnya tidak serius seperti nia_cuteee@gmail.com. Nomor telepon yang dicantumkan juga bersifat pribadi dan aktif. Jangan gunakan nomor lain.



Simak Video "Blush On Wardah, Membuat Wajah Cerah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)