Ini Bidan Novel yang Viral dengan Teknik Melahirkan Tiup-Tiup Tanpa Drama

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 16 Jan 2021 06:17 WIB
Bidan Novelita Damanik viral berkat metode tiup-tiup saat melahirkan Bidan Novel. Foto: Dok. Instagram Bidan Novel
Jakarta -

Baru-baru ini beredar viral di media sosial, tentang seorang bidan yang memperkenalkan teknik melahirkan tiup-tiup. Cara melahirkan itu meminimalisir rasa sakit pada ibu saat persalinan.

Metode lahiran tersebut membantu ibu agar tenang ketika melahirkan. Malah ada juga ibu yang habis melahirkan dengan teknik tiupp-tiup ini bisa langsung TikTok-an.

Ialah Novelita Damanik atau yang akrab disapa Bidan Novel, bidan yang viral karena teknik melahirkan tiup-tiup ini. Bidan Novel sendiri seorang bidan yang memiliki penampilan modis bak ibu-ibu masa kini dengan rambut yang dicat pirang.

Bidan Novel yang praktek di kawasan Rangkapan Jaya, Depok, Jawa Barat itu mengungkapkan teknik tiup-tiup yang diperkenalkannya pada para ibu hamil merupakan teknik hypno theraphy. Dia sendiri mempelajari cara tersebut secara otodidak.

Bidan Novelita Damanik viral berkat metode tiup-tiup saat melahirkanBidan Novelita Damanik viral berkat metode tiup-tiup saat melahirkan Foto: Instagram @bidan_novel

"Kalau dari diri saya sendiri ya, belum pernah mengikuti pelatihan hypno birthing. Tapi saya menganalisa dari semua pasien saya yang banyak. Saya menganalisa emosional setiap pasien ini berbeda," ucapnya saat tampil dalam acara Kopi Viral di Trans TV.

Ia pun menunjukkan metode tiup-tiup kepada ibu yang ingin melahirkan. Proses melahirkan dengan teknik tiup-tiup berjalan mulus, tanpa ada drama seperti proses persalinan yang umumnya terjadi.

"Tenang... tenang.. tiup-tiup. Kepala lingkar kepala bayinya besar ya, ini sudah keluar kok. Tenang... tenang. Jadi mommy ya begini penuh perjuangan. Kita harus bersyukur sesakit apa pun. Berarti kita dipercayakan," begitu instruksi Bidan Novel kepada para ibu yang persalinannya dia bantu.

Bidan Novel pun kerap sengaja merekam momen ibu melahirkan dengan teknik tiup-tiup ini. Dia kemudian mengunggahnya ke media sosial untuk memberikan afirmasi positif pada ibu hamil lainnya yang akan menghadapi persalinan. Namun sebelumnya dia meminta izin terlebih dahulu kepada pasiennya sebelum direkam dan posting di media sosial.

[Gambas:Instagram]



Bidan Novel Dinyinyirin Netizen

Viral karena teknik melahirkan tiup-tiup, Bidan Novel tak lepas dari kontroversi. Dia kerap dikira warganet hanya ingin membuat konten semata karena sering mengunggah momen pasiennya melahirkan dengan teknik tersebut dan tampak tidak kesakitan. Apa tanggapannya?

"Memang seperti itu dan tidak ngejan sama sekali. Itu real 100%, pasien saya sudah mencapai 1.000 orang lebih. Metode ini saya dapat setahun terakhir ini, karena sebelumnya saya tidak terlalu fokus dengan praktek saya. Setahun terakhir ini saya hobi nge-gym dan olahraga. Saya ini termasuk orang yang tipenya susah mengelola pernafasan. Jadi saya analisa diri sendiri dan pasien. Saya pernah menurunkan berat badan sebulan bisa 6 kg. Saya sewa trainer malah nggak bisa. Saya sendiri juga pernah melahirkan," jelasnya panjang lebar.

Bidan Novel mengatakan dulunya pun dia belum paham bagaimana menangani ibu melahirkan. Dia pernah panik juga saat mengadapi pasien.

"Tentu saya butuh proses hingga akhirnya saya bisa menjadi seperti sekarang ini. Saya juga pernah panik. Bayi itu tahu kapan dia lahir dan pahami rahim itu kapan kontraksi. Jadi hanya kontrol emosi pasiennya, dengan cara memberikan makeup atau apa kebutuhannya dia," lanjutnya.

Bidan Novelita Damanik viral berkat metode tiup-tiup saat melahirkanBidan Novelita Damanik viral berkat metode tiup-tiup saat melahirkan Foto: Instagram @bidan_novel

Berusaha Menenangkan Ibu Saat Melahirkan

Bidan Novel dikenal bukan hanya karena teknik tiup-tiupnya saat bersalin. Dia pun populer karena selalu berusaha menenangkan ibu melahirkan dengan cara-cara yang unik.

Seperti yang baru-baru ini viral, dia meminta seorang ibu berdandan di sela-sela proses persalinan. Pada akun Instagramnya, Bidan Novel juga pernah terlihat mengajak pasiennya untuk berjoged TikTok sembari menunggu bayi lahir. Jika ada pasiennya yang panik saat ingin melahirkan, ia pun langsung menenangkannya.

"Don't say sakit ya..dia tahu kapan akan lahir. Ingat hanya 30 detik kok, tiup saja jangan tahan nafas nanti akan buyar. Tiup kayak niup botol, tekannya ke bawah ya, ingat kamu wanita sehat dan bayi kamu tahu kapan dia akan keluar," begitu instruksi Bidan Novel pada ibu yang akan bersalin dengannya.

Bagaimana kamu tertarik melahirkan bersama Bidan Novel?



Simak Video "David Foster Punya Anak Lagi di Usia 71 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)