5 Fitur Google Translate yang Wajib Kamu Ketahui untuk Penerjemahan

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 24 Nov 2020 05:31 WIB
concept search, customer service operator woman with headset, globe, flags and magnifying glass Ilustrasi Google Translate (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Di era teknologi yang serba canggih ini, perbedaan bahasa bukan kendala lagi. Dengan bantuan aplikasi seperti Google Translate, masalah penerjemahan kata-kata bahasa asing pun teratasi.

Bak kamus superpintar, Google Translate mampu menerjemahkan kata dari 108 bahasa. Tak cuma bahasa asing umum seperti Prancis, Jepang, Korea, Arab dan Mandarin, produk Google yang dirilis pada 2006 ini juga mencakup bahasa daerah. Untuk Indonesia misalnya, terdapat bahasa Sunda dan Jawa.

Melengkapi kelebihan tersebut, Google Translate juga masih memiliki fitur-fitur yang dapat kamu manfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Berikut lima fitur Google Translate yang wajib kamu tahu untuk memaksimalkan fungsinya:

1. Terjemahan Teks (Type to Translate)

Fitur ini adalah fitur klasik. Seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, pengguna bisa mencari arti kata dalam bahasa lain yang hendak dicari dengan cara mengetiknya.

Pastikan aksara yang diketik benar dan sesuai dengan bahasa yang ada. Kendati demikian, biasanya jika tidak sesuai aplikasi dapat secara otomatis mendeteksi kata yang tepat. Setidaknya hingga saat ini ada 103 bahasa yang bisa diterjemahkan lewat fitur ini.

concept search, customer service operator woman with headset, globe, flags and magnifying glassFoto: Getty Images/iStockphoto

2. Terjemahan Suara (Speak to Translate)

Hanya dengan mengucapkan kata atau kalimat secara langsung atau dari orang lain, aplikasi dapat mengalihbahasakannya dengan cepat. Namun, ketika menggunakan fitur ini pastikan suara yang masuk jelas dan bersih.

Artinya, tidak ada gangguan di sekeliling karena akan memengaruhi arti dari bahasa yang digunakan. Tidak beda jauh, bila tidak sesuai biasanya mesin akan secara otomatis mencari kata yang tepat atau mungkin paling mendekati.


3. Terjemahan Kamera (Instant Camera Translation)


Pengguna dapat menerjemahkan teks dalam foto yang telah diambil atau bisa juga mengambil foto baru melalui aplikasi Google Translate dengan mengetuk logo kamera.

Yang perlu dilakukan hanya mengarahkan kamera ke teks yang ingin diterjemahkan. Seperti teks pada papan jalan, pada rambu lalu lintas, dan lainnya. Cukup ikuti instruksi di aplikasi, tulisan itu akan otomatis dipindai dan diterjemahkan. Namun pastikan teks dalam gambar yang diambil tidak berukuran terlalu kecil, gelap, atau blur yang berdampak terjemahan menjadi kurang akurat.


4. Terjemahan Tulis (Write to Translate)

Gunakan pensil layar sentuh, jika tidak punya gunakan jari pun bisa. Biasanya ini digunakan untuk mendefinisikan bahasa yang tidak menggunakan alfabet latin atau aksara romawi.

Seperti bahasa Mandarin dengan aksara Hanzi, Thailand dengan aksara Thai, Korea dengan aksara Hangeul, Rusia dengan aksara Cyrillic, atau India dengan aksara Devanagari, dan sebagainya.
Tinggal ikuti saja bentuknya lalu turuti langkah-langkah yang diberikan aplikasi maka secara otomatis aksara itu akan diterjemahkan ke bahasa yang diinginkan.

concept search, customer service operator woman with headset, globe, flags and magnifying glassFoto: Getty Images/iStockphoto


5. Fitur Google Translate Offline

Google Translate juga bisa digunakan saat sedang tidak tersambung dengan internet (offline). Terlebih misalnya saat bepergian tanpa ada koneksi internet sama sekali atau memang sedang tidak ingin menggunakan paket data.

Untuk menggunakan Google Translate secara offline pada perangkat Android dan iOS, Anda cukup mengunduh dahulu aplikasinya. Pastikan mengunduh versi terbarunya. Berikut langkahnya:

1. Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi
2. Buka aplikasi Translate
3. Pilih menu di sisi kiri atas layar
4. Pilih offline translation
5. Pilih bahasa yang ingin digunakan secara offline, lalu Unduh (download)

Jika proses unduh bahasa sudah selesai, selanjutnya tinggal gunakan saja tanpa perlu terhubung internet. Keempat fitur Google Translate di atas pun bisa digunakan meski sedang offline.

Meski sudah dirasa canggih, Google terus berinovasi untuk menambah fitur baru. Rencananya dalam waktu dekat, akan hadir fitur menerjemahkan bahasa isyarat. Tentun fitur ini akan memudahkan komunikasi antar orang yang berbicara dengan bahasa isyarat dan tidak. Kita tunggu saja kehadirannya di Google Translate.

(dtg/dtg)