Penduduknya Bahagia, Ini 10 Hal Tentang Tinggal di Denmark yang Bikin Iri

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 13 Nov 2020 05:30 WIB
Cropped shot of a beautiful young woman listening to music with her cellphone outside Foto: Getty Images/pixdeluxe
Jakarta -

Denmark mungkin bukan destinasi liburan yang popular. Namun banyak orang penasaran ingin berkunjung ke sana karena sering masuk dalam daftar negara yang penduduknya paling bahagia. Tahun 2020, Denmark menempati urutan kedua sebagai negara paling bahagia di dunia setelah Finlandia. Karena itu, tinggal di Denmark menjadi impian dan tujuan banyak orang. Berikut 10 hal mengenai tinggal di Denmark yang bikin iri dan patut dicontoh.

1. Kesetaraan Gender
Selain negara paling bahagia, Denmark juga dikenal progresif dalam mendukung kesetaraan gender. Dilansir Brightside, kebanyakan wanita di Denmark didukung untuk hidup mandiri sehingga mereka tidak takut hidup sendiri dan single di usia 30 tahunan. Mereka juga tidak didorong untuk cepat menikah atau punya anak karena itu masih single hingga usia 30-35 dianggap wajar. Di dunia kerja, wanita pun didukung untuk mengembangkan kariernya.

2. Banyak Acara Gratis
Pemerintah Denmark melakukan banyak cara untuk membuat hidup warganya lebih bahagia dengan membuat berbagai acara. Sebelum pandemi Corona, pemerintah mengorganisasi dan mensponsori berbagai aktivitas olahraga, kelas, dan acara-acara lain yang gratis.

Cropped shot of a beautiful young woman listening to music with her cellphone outsideCropped shot of a beautiful young woman listening to music with her cellphone outside Foto: Getty Images/pixdeluxe

3. Tidak Terdorong Diet
Salah satu kunci dari kebahagiaan adalah perasaan bebas menjadi diri sendiri. Dikatakan jika di Denmark orang-orang tidak terlalu fokus pada diet dan fitness. Mereka lebih peduli pada menikmati hidup selagi juga berolahraga atau beraktivitas fisik dan makan enak.

4. Pakai Baju Sederhana
Gaya Scandinavian yang dikenal simpel bukan hanya diterapkan pada interior tapi juga berbusana. Kebanyakan orang Denmark dikatakan lebih suka berbusana minimalis dan praktis meski dia adalah seorang miliuner sekali pun. Tidak terdorong untuk menunjukkan mewah tentu akan membuat orang lebih bahagia.

5. Suka Bersepeda
Banyak orang Denmark yang memilih sepeda sebagai kendaraan sehari-hari. Bahkan para politisi di negara Eropa Utara tersebut menggunakan sepeda untuk pergi bekerja. Hampir semua orang akan belajar naik sepeda setelah mereka bisa berjalan. Di Denmark, orang pun akan bersepeda bahkan saat cuaca bersalju. Bahkan tempat sampah di sana sengaja dibuat miring agar mudah dimasuki sampah saat bersepeda. Dengan begini, orang terdorong untuk lebih sehat dan hemat.

Cropped shot of a beautiful young woman listening to music with her cellphone outsideCropped shot of a beautiful young woman listening to music with her cellphone outside Foto: Getty Images/pixdeluxe

6. Tidak Ada Hewan Jalanan
Kamu yang pecinta binatang mungkin sering terganggu saat melihat hewan terlantar di jalanan. Di Denmark, dikatakan jarang ada kucing atau anjing tak bertuan. Jika ada mereka akan langsung dibawa ke penampungan. Orang pun tidak akan sembarang membuang hewan karena bisa didenda.

7. Anak Kecil Diurus Profesional
Sejak kecil anak-anak di Denmark sudah dikirim ke tempat penitipan. Tapi bukan hanya karena orangtua mereka bekerja atau untuk sekolah. Mereka biasanya akan diurus oleh para profesional untuk diajarkan belajar bahasa dan norma-norma Denmark, misalnya mengenai kerja sama dan aturan bergantian.

8. Tertib dan Aman
Jika mengunjungi Denmark kamu mungkin tidak akan menemukan banyak CCTV atau penjaga. Kebanyakan dari warganya sudah tertib dan percaya satu sama lain.

Copenhagen, Denmark on the Nyhavn Canal.Copenhagen, Denmark on the Nyhavn Canal. Foto: Getty Images/iStockphoto/SeanPavonePhoto

9. Lingkungan yang Tidak Suka Pamer
Di Denmark, ada sebuah ideologi yang disebut sebagai Law of Jante. Dalam aturan-aturan yang berasal dari negara Nordik tersebut disebutkan bahwa seseorang tidak seharusnya memperlihatkan kekayaan, penghargaan atau berpikir mereka spesial. Karena itu, kebanyakan orang di sana hidup sederhana.

10. Bebas Berekspresi
Orang-orang di Denmark cenderung lebih ekspresif dalam menunjukkan perasaan dan kasih sayang mereka. Hal ini juga berlaku pada perasaan sentimental. Di sana, para pria tidak berpikir bahwa menangis atau bersikap sentimental akan membuat mereka terlihat tidak maskulin.

(ami/ami)