Madison Cawthorn, Politikus Tampan yang Jadi Anggota Kongres Termuda AS

Hestianingsih - wolipop Rabu, 04 Nov 2020 19:00 WIB
Madison Cawthorn Madison Cawthorn. Foto: Instagram/@madisoncawthorn
North Carolina -

Madison Cawthorn mencetak sejarah di Kongres Amerika Serikat. Pria tampan ini menjadi anggota Kongres termuda setelah menang voting yang digelar di North Carolina, Selasa (3/11/2020).

Ia berhasil mengalahkan rivalnya, Moe Davis, dari Partai Demokrat yang usianya jauh lebih tua darinya. Madison Cawthorn sendiri kini berusia 25 tahun dan dia mewakili Partai Republik di Kongres. Dia menjadi anggota Kongres terpilih paling muda dalam 50 tahun lebih.

"Pemilihan ini menunjukkan bahwa kita masyarakat yang terbelah-belah. Orang Amerika lapar akan kepemimpinan yang menjunjung tinggi aspirasi, dan tentu saja itu yang ingin saya lakukan," ujar Madison dalam pernyataan tertulis mengenai kemenangannya, seperti dikutip dari People.

Madison CawthornMadison Cawthorn. Foto: Instagram/@madisoncawthorn

Sosok Madison Cawthorn sempat berada dalam pusaran kontroversi. Kemenangannya cukup mengejutkan mengingat ia sempat tersandung kasus rasisme dan pelecehan seksual.

Namanya sempat disebut sebagai pelaku pelecehan seksual dalam postingan Instagram pada 13 Agustus 2020. Unggahan tersebut mengklaim bahwa pria kelahiran Asheville, North Carolina itu, telah melakukan perbuatan tak terpuji enam tahun lalu terhadap seorang wanita bernama Katrina Krulikas.

Saat itu Katrina masih berusia 17 tahun dan Madison 19 tahun. Dia menceritakan bahwa Madison mengajaknya berkencan dan membawanya ke tempat sepi. Ia lalu mulai membicarakan topik-topik seksual yang membuat Katrina tidak nyaman.

Madison CawthornMadison Cawthorn. Foto: Instagram/@madisoncawthorn

Sikapnya makin agresif saat dia meminta Katrina duduk di pangkuannya, membuat dirinya merasa tertekan dan tak kuasa menolak. Madison pun mencoba menciumnya tapi Katrina berontak. Sejak saat itu mereka tidak pernah berkencan lagi.

Dalam wawancara dengan The Smoky Mountain News, Madison Cawthorn mengakui bahwa peristiwa itu benar terjadi. Tapi dia berdalih tidak pernah ada niat melecehkan atau membuatnya berada dalam situasi tidak nyaman.

Madison CawthornMadison Cawthorn Foto: Instagram/@madisoncawthorn

Selain skandal yang pernah membelitnya, sosok Madison Cawthorn juga menarik perhatian publik karena dia seorang difabel. Pada usia 18 tahun, dirinya mengalami kecelakaan mobil yang membuat kedua kakinya lumpuh. Hingga kini politisi muda ini beraktivitas menggunakan kursi roda, termasuk saat berkampanye.

(hst/hst)