Amani Al Khatahtbeh, Muslim Berhijab Pertama Calon Anggota Kongres AS

Rosmha Widiyani - wolipop Selasa, 07 Jul 2020 11:34 WIB
Amani Al Khatahtbeh, Muslim Berhijab Pertama Calon Anggota Kongres AS Foto: situs amani2020.com/Amani Al Khatahtbeh, Muslim Berhijab Pertama Calon Anggota Kongres AS
Jakarta -

Amani Al Khatahtbeh membuat sejarah sebagai muslim berhijab pertama yang maju sebagai calon anggota kongres Amerika Serikat. Wanita berusia 28 tahun ini mewakili New Jersey, salah satu negara bagian Amerika tempatnya berasal.

Dikutip dari Harper's BAZAAR, pencalonan Amani Al Khatahtbeh dalam masa yang tidak tepat membuatnya menjadi pusat perhatian. Menjelang batas akhir pengiriman syarat pencalonan, manajer kampanyenya terpaksa dirawat di rumah sakit karena COVID-19. Semua syarat kemudian dikirim dan diselesaikan dari rumah sakit selama penanganan virus corona.

"Aku pikir ini justru menunjukkan lambatnya kita memberi respon yang cukup baik dalam kondisi krisis. Kenapa kita masih dalam posisi demokrasi hanya bisa berjalan saat kita berada di rumah sakit dan dirawat karena virus corona," ujar Amani Al Khatahtbeh yang meluncurkan website kampanye http://amani2020.com/.

Saat mengumumkan pencalonannya untuk House of Representatives pada awal April 2020, Amani Al Khatahtbeh menjadi perempuan paling muda yang maju untuk kongres. Al Khatahtbeh yang hanya dijelaskan sebagai imigran ini juga menjadi muslim berhijab pertama yang mencalonkan diri untuk kongres dari New Jersey.

Selain situasi pandemi yang tidak mudah, Amani Al Khatahtbeh akan maju melawan Frank Pallone yang tidak bisa diremehkan. Pallone saat ini adalah incumbent dari House of Representatives dan menjadi pimpinan House Energy and Commerce Committee. Namun Al Khatahtbeh mendapat bimbingan dari anggota kongres Ilhan Omar yang telah berpengalaman.

"Saya warga lokal yang lahir, besar, dan mengalami sendiri dinamisnya masyarakat New Jersey. Perwakilan kami sebelumnya tidak memperhatikan suara kami dan membuat banyak orang frustasi. Makin banyak orang sadar pentingnya perwakilan kami membawa isu yang penting bagi warganya. Standar kehidupan tidak hanya sekadar cukup baik," ujar Al Khatahtbeh.

Selain mewakili warganya, Amani Al Khatahtbeh berharap bisa membawa suara komunitas muslim yang merupakan kelompok minoritas di Amerika. Al Khatahtbeh merasakan betul dampak peristiwa 9/11 bagi kehidupannya serta pandangan masyarakat sekitar. Bila terpilih, Al Khatahtbeh ingin menghapus misinformasi, prejudice, dan stereotip negatif soal muslim yang belum tentu benar.

Al Khatahtbeh adalah penulis, aktivis, pendiri dan pemimpin MuslimGirl.com, sebuah platform online utama untuk suara wanita muslim di masyarakat barat. MuslimGirl.com kemudian masuk dalam daftar 30 under 20 versi majalah Forbes, Al Khatahtbeh kemudian menjadi muslim perta yang masuk daftar media.

Di usia 25 tahun, CNN memasukkan Al Khatahtbeh sebagai salah satu dari 25 muslim Amerika yang paling berpengaruh. Opini Al Khatahtbeh mempengaruhi masyarakat yang kemudian disuarakan MTV host, YouTube Creator, dan kolumnis. Bukunya yang berjudul "Muslim Girl: A Coming of Age terpilih menjadi Editor's Pick.

Sebagai calon anggota kongres, Al Khatahtbeh fokus pada beberapa hal yang penting untuk kehidupan masyarakat. Fokus tersebut adalah akses kesehatan dan pendidikan untuk semua, upah yang lebih baik, reformasi aturan kriminal, dan Green New Deal. Program Green New Deal adalah aturan bijak penggunaan bahan bakar fosil. Amani Al Khatahtbeh tak memungkiri tantangan dalam pencalonannya, namun dia tetap optimis dengan adanya sosok seperti Ilhan Omar yang berhasil mewakili warga dan komunitas.



Simak Video "Aksi Boneka Baby Yoda Jadi Pemadam Kebakaran Hutan Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)