Ini Sarah McBride, Transgender Pertama yang Terpilih Jadi Senat Amerika Serikat

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 04 Nov 2020 16:35 WIB
sarah mcbride Foto: Instagram @sarahemcbride
Jakarta -

Amerika Serikat tengah menggelar pemilihan umum. Tak hanya memilih antara Trump VS Biden sebagai presiden baru, warga AS juga menentukan para senat yang akan mewakili suara mereka di pemerintahan. Salah satu senat yang baru dinyatakan memenangkan suara adalah Sarah McBride. Menang di negara bagian Delaware, politikus itu resmi menjadi transgender pertama yang terpilih sebagai senator Amerika Serikat.

Sarah McBride mengumumkan kemenangannya sebagai senator negara bagian Delaware. Terpilihnya Sarah sebagai senat membuatnya mencetak sejarah sebagai transgender terbuka pertama yang memiliki posisi tertinggi dalam politik AS. Sebelum resmi ditunjuk jadi senat, Sarah berharap jika ia bisa menginspirasi sesama anak-anak transgender.

[Gambas:Instagram]



"Aku harap hasil malam ini bisa membawa pesan kepada anak-anak muda transgender. Mereka bisa tidur (nyenyak setelah) mengetahui bahwa mimpi-mimpi dan kebenaran-kebenaran mereka tidak terbatas," ungkapnya.

Wanita 30 tahun tersebut sudah tidak asing dengan dunia politik dan kepemimpinan. Sebelumnya ia pernah magang di Gedung Putih di masa kepemimpinan Obama. Aktivis LGBTQ tersebut juga sempat menjadi sekretaris pers untuk organisasi Human Rights Campaign. Sedangkan di 2002, ia memutuskan untuk jadi transgender saat menjabat sebagai ketua mahasiswa American University.

Sebagai seorang transgender dan aktivis LGBTQ, Sarah McBride mengaku ingin menjadi wakil dari kaumnya yang sering dijadikan candaan dalam komedi atau drama. "Aku tahu seberapa besar dampaknya untukku sebagai orang muda yang kesulitan mencari tempat di dunia. Ketika tumbuh desa, tidak ada contoh sesuatu yang seperti ini," ujar wanita dari Partai Demokrat itu dilansir Buzzfeed.

[Gambas:Instagram]



Selain jadi wakil orang transgender, Sarah mengaku ingin dikenal sebagai senat yang peduli akan masalah kesehatan dan cuti dibayar. Menurutnya dua hal tersebut sangat penting diperjuangkan terlebih di masa pandemi Corona. Ia sendiri sempat mengalami dua masalah itu ketika suaminya meninggal enam tahun lalu karena kanker.

Dilansir The Lily, Sarah McBride mulai berpikir ulang mengenai identitas dirinya saat kuliah. Tak lama kemudian, ia pun mulai menjalani transisi menjadi wanita dan hidup sebagai transgender. Pada 2014, Sarah bertemu dengan Andrew Cray yang juga bagian dari komunitas LGBTQ dan seorang pria transgender. Mereka menikah setelah Andrew divonis karena kanker lidah di 2014.

(ami/ami)