Sudah Tahu Belum? Sering Baca Buku Bisa Cegah Pikun & Kurangi Stres

Reyhan Diandri Ghivarianto - wolipop Rabu, 28 Okt 2020 16:05 WIB
Samsung Foto: shutterstock
Jakarta -

Ada kabar baik bagi si kutu buku. Mereka yang gemar membaca buku bukan hanya bisa mendapat ilmu dan pengetahuan baru, namun juga manfaat kesehatan. Apa iya?

Penelitian menunjukkan kalau membaca buku bisa mengubah cara kerja otak menjadi lebih baik loh! Dilansir dari situs thebestbrainpossible, studi kasus menunjukkan kegiatan membaca buku bisa membantu otak untuk memproses informasi baik secara visual ataupun verbal dengan lebih efektif.

Otak seseorang yang tidak mampu membaca, akan kesulitan untuk memproses informasi yang akan berpengaruh ke dalam aspek akademis orang tersebut. Membaca buku juga bisa meningkatkan komunikasi dari beberapa bagian di otak. Adapun terdapat beberapa manfaat lainnya dalam membaca buku yaitu:

Mengurangi Stres

Berdasarkan studi pada tahun 2009, membaca buku dapat mengurangi stres sebanyak 68%. Jumlah tersebut lebih banyak dari cara mengurangi stres lain seperti mendengarkan musik, bermain video games, atau jalan-jalan keluar rumah.

Peneliti pun menemukan fakta pada seseorang yang membaca buku selama 6 menit, detak jantungnya melambat menunjukkan berkurangnya stres. Ketegangan otot di tubuhnya pun menjadi berkurang dan orang tersebut merasa lebih rileks.

Keterampilan Sosial Meningkat

Penelitian menunjukkan membaca buku dapat meningkatkan keterampilan sosial dan membantu menghadapi orang lain. Individu yang membaca buku fiksi juga akan lebih baik dalam memahami keterampilan sosial yang lebih kompleks.

Studi lain juga menemukan individu yang membaca buku fiksi mendapatkan skor lebih tinggi pada tes empati ketimbang orang lain yang membaca nonfiksi.

Peningkatan Memori Otak

Saat membaca buku, otak akan melakukan lebih dari sekadar mengartikan kata-kata di halaman. Membaca akan lebih menuntut otak secara neurobiologis daripada memproses gambar atau ucapan.

Menurut penelitian, membaca telah terbukti memperlambat laju kerusakan memori dan penurunan kapasitas mental di dalam diri seseorang. Tidak membaca juga membantu meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan dan daya ingat sehingga mencegah pikun.

Itulah berbagai manfaat dari sering membaca buku. Saat ini kegiatan membaca pun sudah beralih ke buku digital atau e-book yang dapat diakses dengan mudah melalui gawai seperti smartphone. Samsung Galaxy Z Fold2 bisa menjadi pilihan smartphone yang cocok untuk membaca e-book dengan nyaman.

Galaxy Z Fold2Galaxy Z Fold2 Foto: Samsung


Samsung Galaxy Z Fold2 memiliki dua layar, dengan lebar 6,2 inci HD+ untuk layar penutup dan layar utama seluas 7,6 inci QXGA+ dengan panel dynamic AMOLED 2X berpadu dengan adaptive refresh rate hingga 120Hz. Kedua layar ini tentu memberikan kesan seperti melihat sebuah buku, teknologi layarnya pun membuat mata tetap nyaman saat membaca dalam waktu lama.

Selain untuk membaca, Samsung Galaxy Z Fold2 juga dirancang agar dapat memenuhi berbagai kebutuhan pengguna. Gawai ini sudah resmi dipasarkan di Indonesia. Anda bisa mendapatkan informasi detail mengenai Samsung Galaxy Z Fold2 di sini.



Simak Video "Pesona Jihane Almira yang Masuk Nominasi Wanita Tercantik di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/eny)