Stres Terlalu Sering di Rumah? Obati dengan 5 Kegiatan Ini

Yudistira Imandiar - wolipop Sabtu, 24 Okt 2020 17:00 WIB
masak bareng anak Foto: shutterstock
Jakarta -

Aktivitas work from home (WFH) memang memberikan beberapa keuntungan, seperti lebih aman dari risiko tertular COVID-19, fleksibel, dan terkadang bisa lebih santai. Namun, terlalu lama di rumah akan menimbulkan rasa bosan.

Rutinitas bekerja dengan melihat layar komputer atau gawai, bertemu dengan orang yang sama berhari-hari, melihat lingkungan serupa berulang-ulang praktis akan membuat jenuh. Kejenuhan itu dapat menuntun pada timbulnya stres di pikiran. Akibatnya, produktivitas berkurang, emosi tidak stabil, mudah lelah, dan timbul gejala negatif lainnya.

Melansir situs resmi American Institute of Stress, stress.org, ada beberapa kegiatan yang disarankan ahli untuk meredakan stres. Kegiatan tersebut relatif mudah dilakukan di dalam rumah.

Olahraga Ringan

Olahraga dengan gerakan-gerakan ringan seperti jumping jacks, push-up, sit-up membuat akan meningkatkan detak jantung dan memicu keluarnya hormon pengendali mood, seperti dopamin, serotonin, norepinephrine. Keluarnya hormon tersebut akan membuat Anda merasa lebih tenang dan bahagia.

Membuat Kue

Kegiatan yang satu ini akan membuat pikiran teralihkan untuk melihat resep, menyiapkan bahan, membuat adonan, menyusun topping, memanggang, dan sebagainya. Membuat kue merupakan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi, ketelitian, sehingga rasa stres dan bosan tidak lagi dirasakan. Ketika berhasil membuat kue yang enak, Anda juga akan merasa sangat bahagia dan puas.

Mandi

Kucuran air akan membuat tubuh terasa lebih sejuk, seiring dengan turunnya temperatur tubuh. Mandi juga dapat mengendurkan syaraf-syaraf yang tegang karena beraktivitas dan memikirkan beban pekerjaan. Setelah mandi tubuh Anda akan terasa segar dan pikiran menjadi lebih tenang dan jernih.

Meditasi

Mengosongkan pikiran dan melupakan semua beban pikiran setidaknya selama dua menit akan membuat Anda merasa jauh lebih baik. Atur pernafasan secara teratur untuk membuat pikiran lebih rileks dan tenang. Meditasi merupakan cara yang mudah dilakukan ketika merasa buntu dengan pekerjaan atau urusan lainnya.

Nonton Film

Menonton film akan membuat Anda terbawa pada alur cerita. Dengan begitu pikiran dan emosi teralihkan, sehingga lupa dengan rasa bosan dan stres yang mendera. Apalagi jika film berakhir bahagia, Anda juga bisa terbawa pada perasaan suka cita.

Nah, itu dia berbagai cara untuk mengatasi rasa bosan dan stres akibat terlalu lama beraktivitas di rumah. Kehadiran gawai mumpuni juga dapat membantu Anda untuk melakukan aktivitas menyenangkan pengusir jenuh. Seperti Samsung Galaxy Z Fold2 yang akan membawa Anda pada pengalaman menyenangkan saat menonton film, bermain game, melihat tutorial olahraga atau tutorial membuat kue.

Samsung Galaxy Z Fold2Samsung Galaxy Z Fold2 Foto: Samsung

Samsung Galaxy Z Fold2 memiliki cover screen ukuran 6,2 inci dan layar utama 7,6 inci. Kehadiran Flex Mode memungkinkan pengguna beralih dari cover screen ke layar utama atau sebaliknya dengan mulus.

Dengan Flex Mode dan penggunaan engsel Hideaway, layar utama Galaxy Z Fold2 dapat dibuka dengan sudut 90 derajat, sehingga memudahkan pengoperasian ketika menonton film atau video streaming, melakukan conference call. Pengguna juga bisa melihat hasil foto dan video langsung setelah memotret, tanpa menutup aplikasi kamera.

Samsung Galaxy Z Fold2 sudah resmi dipasarkan di Indonesia. Informasi detail mengenai smartphone sultan dapat dilihat di sini.

(mul/ega)