Buat Film dengan Smartphone Sendiri, Siapa Takut?

Yudistira Imandiar - wolipop Senin, 26 Okt 2020 16:53 WIB
foto dan merekam Foto: shutterstock
Jakarta -

Jika Anda punya impian menjadi seorang sutradara film, mengapa tak segera mewujudkannya? Tak perlu ragu untuk menuangkan skenario cerita yang selama ini sudah mengendap di pikiran.

Jangan berpikir membuat film harus dikerjakan dengan tim yang banyak dengan peralatan super lengkap. Anda bisa melakukannya dengan kamera sederhana, bahkan kamera smartphone, sendirian! Ya, benar-benar sendirian.

Karena tak ada kru dalam pembuatan film ini, Anda harus siap menjalankan banyak peran. Menjadi penulis naskah, sutradara, camera person, editor, bahkan menjadi talent dalam film.

Saat membuat film sendiri, Anda dapat menggunakan point of view sebagai orang pertama yang ada di belakang kamera atau masuk dalam frame. Mengutip Newbie Film School, ada beberapa hal yang mesti dilakukan dan dipersiapkan untuk membuat film sendiri. Berikut ulasannya.

1. Persiapan matang

Karena tidak ada tim yang dapat membagi berbagai tugas, maka Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya secara detail. Naskah film harus benar-benar dimatangkan sebelum mulai pengambilan gambar. Catat setiap detail adegan, termasuk setting tempat, waktu, angle pengambilan gambar.

2. Alat penunjang

Sebagai kameramen yang merangkap sutradara dan aktor, Anda perlu alat bantu pengambilan gambar. Selain butuh kamera, Anda juga butuh tripod agar bisa merekam gambar tanpa harus memegang kamera. Mikrofon dan pencahayaan juga sebaiknya dipersiapkan agar kualitas film lebih bagus.

3. Properti

Properti diperlukan untuk mendukung cerita yang Anda buat. Tidak perlu properti yang rumit, asalkan bisa memperkuat narasi dalam film dan sesuai dengan setting waktu dan tempat yang dipilih. Misalnya Anda membuat film tentang petualangan menggunakan motor maka sudah pasti Anda harus menyiapkan motor, helm, jaket, dan peralatan pendukung lainnya.

4. Kesabaran ekstra

Anda akan menghadapi banyak tantangan dalam membuat film sendirian. Oleh sebab itu, kesabaran menjadi kunci dalam mengambil gambar yang mungkin harus berulang-ulang, masalah pada alat, hingga proses editing yang memakan waktu lama.

Seperti yang dikatakan di atas, Anda bisa menggunakan smartphone untuk mengambil gambar film. Samsung Galaxy Z Fold2 adalah salah satu pilihan smartphone yang cocok untuk membuat film.

Samsung Galaxy Z Fold2Samsung Galaxy Z Fold2 Foto: Samsung

Kamera Galaxy Z Fold2 dibekali kemampuan Auto Framing, yang dapat membidik dan mengikuti pergerakan objek secara otomatis. Anda tidak perlu lagi menggerakkan atau menggeser perangkat untuk membuat objek tetap berada di titik fokus.

Anda juga dapat mengambil video selfie dengan tetap melihat preview gambar di layar cover. Sebab, ketika layar utama dibuka, maka otomatis kamera belakang dan layar cover menghadap ke arah yang sama.

Selain itu, Galaxy Z Fold2 memiliki engsel Hideaway dan Flex Mode, sehingga layar utama dapat dibuka dalam posisi 90 derajat. Saat layar dibuka seperti ini, pengguna dapat melihat hasil foto dan video di menu preview yang ada di layar bawah, tanpa harus keluar dari aplikasi kamera.

Smartphone 'sultan' ini sudah dipasarkan Samsung di Indonesia. Kenali lebih dekat Samsung Galaxy Z Fold2 di sini.



Simak Video "Virtual Meeting Jadi Angin Segar Bagi EO di Masa Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)