Biasa Ditemui Sehari-hari, 5 Profesi Ini Diprediksi Hilang di 2026

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 28 Okt 2020 05:31 WIB
Owner in the bookstore during covid Foto: Getty Images/Maica
Jakarta -

Teknologi sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Sudah bisa dirasakan bahwa perkembangan teknologi yang kian pesat telah mengubah kebiasaan, budaya, hingga industri kerja. Karena dunia yang semakin canggih, ada banyak pekerjaan baru yang muncul tapi tentu banyak juga karier yang tenggelam dan menghilang. Berikut lima pekerjaan yang biasa kamu temui sehari-hari yang bisa saja menghilang karena kecanggihan teknologi.

1. Kasir
Badan statistik ketenagakerjaan memprediksi sejumlah pekerjaan akan tergeser karena teknologi. Diprediksi bahwa sekitar tahun 2016 hingga 2026, orang-orang yang berprofesi sebagai kasir akan kehilangan pekerjaan atau paling tidak dipindahtugaskan.

Meski punya peran yang penting sekarang ini, kasir bisa jadi tidak lagi dibutuhkan di masa depan karena para pelanggan bisa melakukan check out dan pembayaran sendiri menggunakan alat. Beberapa supermarket di luar negeri sudah banyak menerapkan cara ini. Belum lagi pandemi Corona semakin mempopulerkan belanja online.

2. Teller Bank
Teller bank menjadi salah satu pekerjaan yang diincar banyak orang sampai sekarang. Sama seperti kasir, bantuan teller bank sangat dibutuhkan oleh para pelanggan untuk berbagai keperluan. Tapi di masa depan diprediksi jika online banking akan semakin marak. Orang semakin terbiasa untuk bertransaksi dengan internet, termasuk untuk membuka rekening.

3. Pekerja Pos
Tukang pos belakangan sudah jarang ditemui. Surat menyurat kini tidak lagi dilakukan banyak orang secara pribadi karena pesan bisa dengan mudahnya dikirim melalui aplikasi di ponsel masing-masing. Begitu juga dengan surat resmi. Undangan pernikahan pun saat ini sudah mulai dikirim secara online bahkan memakai website. Meski begitu, tukang pos bisa beralih tugas menjadi pengantar paket.

Selain tukang pos, pekerjaan dalam kantor pos lain juga terancam menghilang. Kini mesin bisa memproses dan mengurutkan surat-surat untuk bisa diantarkan sesuai dengan kode pos tujuannya sehingga tak lagi butuh orang dan kerja manual.

4. Buruh Perakit
Seiring perkembangan teknologi, pekerjaan buruh juga terancam ditiadakan. Selain karena bisa jadi produk yang dibuat tidak lagi dibutuhkan, alat-alat canggih juga bisa menggantikan tangan-tangan mereka. Terutama para buruh yang bertugas untuk merakit barang. Diprediksi bahwa pekerjaan tersebut akan tergantikan oleh robot di 2026.

5. Asisten Administrasi
Asisten administrasi bisa ditemui di banyak sektor, mulai dari perusahaan hingga rumah sakit. Dilansir Business Insider, asisten untuk perawatan kesehatan mungkin masih akan bertahan dan dibutuhkan. Tapi karena kecanggihan teknologi yang membuat segalanya mudah dan cepat, asisten administrasi mungkin tak akan lagi diperlukan di kantor-kantor.

(ami/ami)