Liputan Khusus Wisuda Online

Intip Aturan Wisuda Online di Kampus Universitas Indonesia

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 10 Okt 2020 19:03 WIB
Wisuda online Universitas Indonesia Foto: Dok. Instagram @univ_indonesia
Jakarta -

Pelaksanaan wisuda daring atau online wajib diterapkan oleh seluruh universitas tanah air. Wisuda diganti menjadi online untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Salah satu kampus yang menggelar wisuda online ini adalah Universitas Indonesia. Wisuda online dilaksanakan Universitas Indonesia untuk Upacara Wisuda Tahun Akademik 2020/2021.

Terkait wisuda online ini, Kepala Biro Humas dan KIP UI, Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR mengatakan, wisuda akan dilakukan via zoom. Calon wisudawan harus
menyiapkan perangkat dan platform serta sistem website dan perangkat pendukung studio green screen.

"Beberapa rangkaian dalam acara dilakukan taping, personil yang terlibat dari berbagai Unit kerja antara lain DOPF, Biro Humas dan KIP, DPKHA, PLK, K3L. Hingga proses pendistribusian Toga Wisuda juga dikirimkan melalui jasa kurir ke alamat calon wisudawan. Atau mengambil langsung di Kantor Cabang BNI se-Indonesia, sebagaimana telah dipilih oleh calon wisudawan saat mendaftar," ungkap Amelita saat dihubungi oleh Wolipop, Jumat (9/10/2020).

Lalu bagaimana tata tertib saat wisuda online?

Tata Tertib pelaksanaan Wisuda Virtual UI untuk wisudawan dan tamu undangan, sebagai berikut :

● Para wisudawan dan tamu undangan yang hadir secara virtual menggunakan 1 akun Zoom.
● Website Landing Page wisudavirtual.ui.ac.id untuk wisudawan dan Undangan.
1. Untuk wisudawan dengan login.
2. Undangan dengan mengisi form/buku tamu.
● Para peserta diharapkan untuk mematikan mic (mute) mereka selama wisuda berlangsung.
● Para mahasiswa baru dapat menyaksikan melalui link Youtube "Universitas Indonesia" secara live.
● Selama acara berlangsung, wisudawan menggunakan pakaian yang rapi, sopan dan toga wisudawan lengkap.

Amelita mengatakan saat wisuda online ini para wisudawan dan undangan tidak perlu hadir ke kampus. Mulai dari pendaftaran, hingga pelaksanaan wisuda dilakukan secara virtual. Peserta yang ikut serta secara virtual pun ada pembagiannya.

"Panitia menyiapkan kapasitas peserta wisuda virtual sebanyak 1.000 akun per sesi. Kapasitas tersebut sudah mengakomodasi jumlah wisudawan 2020," jelasnya.

Busana yang wajib dikenakan saat wisuda online

Meski dilakukan secara online, prosesi wisuda virtual ini juga memiliki aturan dalam berbusana. Berikut aturan busana wisuda online di Universitas Indonesia:

● Wisudawan menggunakan pakaian yang rapi, sopan dan toga wisudawan lengkap.
● SA, DGB, Rektor, SU, Warek, Ka. BKVD menggunakan hitam putih, dasi hitam panjang, dan toga SA/DGB/Rektor/SU/Warek/Ka.BKVD dengan atributnya.
● Dekan/Direktur Sekolah/Direktur Program Pendidikan Vokasi menggunakan hitam putih, dasi hitam panjang, dan toga Dekan/Direktur Sekolah/Direktur Program Pendidikan Vokasi dengan atributnya.
● Wakil Dekan/Wakil Direktur Sekolah/Wakil Direktur Program Pendidikan Vokasi menggunakan Pakaian Sipil Lengkap (Pria menggunakan Jas Hitam, Wanita menggunakan Blazer).
● Undangan menggunakan resmi dan rapi, TNI/POLRI menggunakan PDU. IV.

Amelita mengungkapkan jika wisuda kali ini berbeda dengan kegiatan wisuda sebelumnya. Pada wisuda virtual ini, pihak UI menyuguhkan pengantar acara sebelum memasuki Upacara Wisuda.

"Akan ada Host yang akan memandu rangkaian selama Para Undangan mulai menghadiri zoom. Rangkaian acaranya antara lain: Lagu-lagu, ucapan selamat dan salam sapa alumni dan wisudawan. Ucapan selamat dan salam sapa media sosial dan Informasi lainnya," katanya.

(gaf/eny)