Liputan Khusus Wisuda Online

Mengenal Wisuda Online, Cara Kelulusan Mahasiswa di Tengah Pandemi Corona

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 10 Okt 2020 15:08 WIB
A student in graduation gown is making a video call with a smart phone. Ilustrasi wisuda online. Foto: Getty Images/recep-bg
Jakarta -

Wisuda online belakangan ini marak digelar berbagai kampus. Sebenarnya seperti apa wisuda online? Apa bedanya dengan wisuda biasa?

Wisuda sebelum ada pandemi Corona menjadi momen yang dinantikan para mahasiswa setelah menyelesaikan tugas akhir atau skripsi. Pada momen wisuda ini biasanya para mahasiswa tampil maksimal memakai busana formal di balik baju toga. Mereka dipanggil satu per satu ke atas panggung untuk pemindahan tali toga sebagai tanda kelulusan.

Namun kini Corona mengubah segalanya. Pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai dan malah semakin bertambah jumlah orang yang terinfeksi membuat kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa secara langsung, seperti wisuda, terlarang dilakukan. Oleh karena itulah wisuda kini dilakukan secara online.

Wisuda Online Universitas Indonesia

Salah satu kampus yang melakukan wisuda online ini adalah Universitas Indonesia. Kepala Biro Humas dan KIP UI, Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR, mengatakan Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan Upacara Wisuda Tahun Akademik 2020/2021 secara virtual. Wisuda online ini dilakukan via aplikasi Zoom.

Pandemi COVID-19 membuat acara wisuda Universitas Sam Ratulangi digelar secara daring. Pemindahan tali toga pun dilakukan oleh orang tua wisudawan.Pandemi COVID-19 membuat acara wisuda Universitas Sam Ratulangi digelar secara online. Pemindahan tali toga pun dilakukan oleh orang tua wisudawan. Foto: ANTARA FOTO/ADWIT B PRAMONO

"Penyelenggaraan ini sebagai bentuk komitmen UI untuk melepas para mahasiswa yang telah berhasil menuntaskan perkuliahannya dan akan terjun ke masyarakat untuk mengabdi bagi negeri," kata Amelita saat dihubungi oleh Wolipop, Jumat (9/10/2020).

Wisuda online ini dilakukan Universitas Indonesia guna mencegah penyebaran virus Corona. "UI harus menjalankan wisuda virtual dengan harapan, prosesi wisuda tetap berjalan, namun dengan menegakkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penularan COVID-19," lanjut Amelita.

Dalam wisuda online ini, dijelaskan Amelita, para peserta wisuda melakukan wisuda online #dirumahaja. Sementara seluruh petinggi UI berjumlah tujuh orang tetap hadir di Balairung UI, gedung yang biasanya digunakan untuk wisuda sarjana maupun pascasarjana.

Perbedaan dengan wisuda sebelum ada Corona, dalam wisuda online pemindahan tali toga sebagai tanda kelulusan bukan dilakukan oleh petinggi kampus. "Tali toga Wisudawan akan dipindahkan oleh orang tua wisudawan di kediaman masing-masing," jelas Amelita.

Sejumlah robot peraga berpose seusai mengikuti wisuda secara daring di Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang, Jawa Tengah, Senin (27/7/2020). WIsuda ke-159 UNDIP yang diikuti 2.561 lulusan itu menggunakan teknologi robot peraga yang menggantikan kehadiran fisik para wisudawan maupun wisudawati karena sejumlah kebijakan protokol kesehatan dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Aji Styawan/pras.Sejumlah robot peraga berpose seusai mengikuti wisuda secara daring di Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang, Jawa Tengah, Senin (27/7/2020). WIsuda ke-159 UNDIP yang diikuti 2.561 lulusan itu menggunakan teknologi robot peraga yang menggantikan kehadiran fisik para wisudawan maupun wisudawati karena sejumlah kebijakan protokol kesehatan dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Aji Styawan/pras. Foto: ANTARA FOTO/AJI STYAWAN

Wisuda Online Universitas Diponegoro

Selain Universitas Indonesia, banyak kampus lainnya di Indonesia yang melakukan wisuda online. Salah satunya adalah Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Seperti prosesi wisuda online UI, dalam wisuda online Undip pun peserta wisuda berada di rumah atau kos masing-masing. Sementara para dekan dan rektor di Kampus Undip tetap berada di ruang sidang di Gedung Prof Sudarto Undip Semarang. Mereka mengikuti wisuda yang digelar lewat aplikasi Microsoft Teams.

Seperti wisuda sebelum ada Corona, saat wisuda online, satu persatu nama wisudawan disebutkan. Hanya saja dalam wisuda online tidak ada seremoni pemindahan tali toga dan penyerahan ijazah.

Rektor Undip Prof Yos Johan Utama mengatakan wisuda daring ini dilakukan karena masa pandemi virus Corona atau COVID-19. "Kita gelar daring tanpa mengurangi esensinya. Ijazah nanti dikirim," kata Yos di Semarang.



Simak Video "Benar Atau Nggak Sih Tikus Doyan Makan Keju?"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)