Mahasiswa Ini Minta Restu Ibu Buat Demo Omnibus Law, Kisahnya Viral

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 08 Okt 2020 16:30 WIB
tiktok Percakapan Dimul bersama sang ibunda. Foto: Dok.Screenshot TikTok @dimul.id.
Jakarta -

Tidak hanya dari kalangan buruh, penolakan keras terhadap Omnibus Law atau UU Cipta Kerja juga datang dari mahasiswa. Para mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia kompak untuk menyuarakan pendapatnya menolak Omnibus Law di Gedung DPR.

Di tengah panasnya pemberitaan soal demo penolakan Omnibus Law ini, beredar viral di TikTok kisah seorang mahasiswa yang dengan santun meminta restu dari orangtua yaitu ibunya untuk ikut berdemo bersama mahasiswa lainnya. Video percakapan itu langsung viral di TikTok.

"Assalamualaikum mah. Dimul mau izin boleh. Tapi janji jangan marah. Banyak mahasiswa dimul yang chat nyariin. Dimul mau minta restu mamah. Mau minta restu turun aksi ke jalan menyuarakan suara rakyat mah. Negara ini sedang tidak baik-baik saja," begitu perkataan Dimul saat meminta restu pada ibunya via WhatsApp. Dimul pun mengunggah percakapan via pesan teks dengan ibunya ini ke akun TikTok @dimul.id pada Rabu (7/10/2020).

@dimul.id

Love you mah, you are my everything##tolakruuciptakerja ##tolakomnibuslaw ##mositidakpercaya ##fyp

♬ Ibu Pertiwi - Musik Indonesia 🇮🇩

Dalam unggahannya tersebut Dimul pun memperlihatkan reaksi dari ibunya saat dia minta izin berdemo. Sang ibu memberikan jawaban yang membuat netizen terharu.

"Mama siapin bekelnya, almamater udah mama siapin. Jangan lupa baca do'a, shalatnya jangan ditinggal. Doa mamah akan selalu menyertaimu. Titip salam dari mamah untuk DPR yang jahat itu, suruh banyak-banyak istigfar. Bismillah hati-hati di jalan perjuangan nak," begitu balasan ibunda Dimul.

Hingga Kamis sore (8/10/2020) video TikTok itu sudah ditonton lebih dari 4,3 juta kali, mendapat 725 ribu Likes dan 20 ribu komentar. Warganet yang melihat video tersebut ada yang mengaku meneteskan air mata dan memberikan semangat untuk Dimul.

"Nangis pas chat " mamah siapin bekelnya" heii itu bekel gak cuma makanan tapi doa sepanjang jalan," ucap akun @Cucu Semar&Brawijaya.

"BUAT KAKA KAKA YANG HARI INI MAU TURUN KE JALAN(ikut demo), SEMANGAT YA KAKA KAKAA, ADEK2 MU DISINI CUMA BISA BANTU DO'A," ujar @maulida khasanah. ️ ️

"Buat kaka kaka mahasiswa yg mau turun ke jalan, stay safe ya!! Jangan pake maskee scuba, pake masker medis! bawa air minum sendiri dan jangan lupa doa," tulis akun TikTok @julia.

"Bangun-bangun liat ini gue nangis 🏻 hai buat kalian yang mau turun ke jalan tetap jaga diri kalian yaa, inget juga corona masih ada! Semangaat kalian," harap akun @Regitafarahdiba.

tiktokMahasiswa Dian Mulyana (almamater biru) saat demo menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja. Foto: Dok. pribadi Dian.

Ketika dikonfirmasi oleh Woliop, pemilik akun TikTok Dimul yang bernama lengkap Dian Mulyana itu mengaku kaget jika videonya bisa viral. Dimul sendiri merupakan mahasiswa di Universitas Bina Sarana Informatika Indonesia.

"Saya turun aksi dengan Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) seluruh indonesia. Saya merasa kaget aja banyak teman-teman yang kasih tahu kalau viral. Tapi senang dan bangga ternyata isi kolom komentar sangat positif dan memberi dukungan, serta yang paling penting mereka semua mendoakan perjuangan kita untuk rakyat Indonesia. Saya bangga jadi anak Indonesia tapi saya tidak bangga punya DPR RI yang tidak pro rakyat," tegasnya. Saat ini, Dimul atau Dian masih melanjutkan aksinya turun ke jalan bersama rekan mahasiswa lainnya.

(gaf/eny)