Tips Buat Kamu yang Mau Belajar Melukis Online di Tengah Pandemi Corona

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 30 Jul 2020 11:01 WIB
Bartega Melukis online di tengah pandemi. Foto: dok. Bartega.
Jakarta -

Menggambar dan melukis menjadi salah satu kegiatan untuk meluapkan kreativitas dalam diri. Menyenangkan untuk dilakukan, melukis pun kini jadi tren di kalangan anak muda untuk mengisi waktu luang di tengah pandemi virus Corona.

Benson Putra Co Founder dari Bartega yaitu kelas melukis online via Instagram Live dan Zoom mengungkapkan belajar melukis online cukup digemari belakangan ini. Salah satu sebabnya karena melukis bukan hanya bisa mengisi waktu luang tapi juga memberikan ketenangan.

"Memang ada orang yang merasa tenang. Sama halnya seperti bermain musik, bercocok tanam dan lain-lain. Karena mayoritas merasakan konsentrasi dan nggak ke distract dengan apapun dengan melukis," ucap Benson kepada Wolipop saat webinar bertajuk Maksimalkan Imunitas dan Passionmu Selama New Normal dengan YOUVIT, Selasa (28/7/2020).

BartegaBartega Foto: dok. Bartega.

Benson menjelaskan dari dua kelas online yang diadakannya yaitu Instagram dan Zoom, memiliki metode berbeda. Jika via Instagram, proses belajar hanya satu arah komunikasinya. Sedangkan via Zoom, kelas melukis lebih detail karena peserta bisa bertanya langsung.

Apakah kamu tertarik mengikuti kelas melukis online tapi masih ragu apakah memang dunia lukis passion kamu atau bukan? Benson menuturkan jika minat seseorang akan tumbuh dengan sendirinya dan tidak bisa dipaksakan.

"Untuk mengetahui melukis adalah passion kita, setiap orang itu beda-beda sih, kalau misalnya aku itu belajar melukis dari SD. Aku masuk SMP dan SMA, aku suka baca komik dan mulai suka menggambar karakter komik. Jadi sebenarnya gambar itu tidak bisa dipaksa karena harus muncul dari dalam diri sendiri. Melukis sendiri ada beberapa macam dan belum tentu kita suka dengan beberapa aliran melukis," jelas pria 28 tahun itu.

BartegaBartega mengadakan kelas melukis (sebelum pandemi). Foto: dok. Bartega.

Bagi kamu yang menjadi pemula dalam belajar melukis online, tidak usah terlalu khawatir memikirkan berbagai perlengkapan melukis yang harus dibeli. Kata Benson, kamu cukup punya cat lukis apakah itu cat air atau acrylic, palet, kuas dan kanvas, sudah bisa mulai melukis.

Bingung memikirkan tema lukisan saat hendak mulai melukis? Benson punya saran. Menurutnya dibandingkan memikirkan tema, cobalah untuk mengetahui warna apa yang ingin kamu hasilkan.

"Kalau aku lebih mikir ke warna dibanding tema lukisan. Orang itu harus mengerti dahulu bagaimana warnanya? Membangun kombinasi warna supaya menghasilkan lukisan yang bagus dan bagus itu kan subyektif. Untuk yang baru memulai melukis lebih baik tentukan dulu warnanya mau apa? Untuk obyeknya semua orang akan berbeda-beda jawabannya. Ada yang suka organik dan gedung yang lebih sistematik," lanjut pria yang mendirikan Bartega bersama dua temannya Jazz Pratama dan Nadia Daniella pada 2017 itu.

Melukis bersama BartegaMelukis bersama Bartega Foto: Instagram @bartega.studio.

Selanjutnya, tips dari Benson buat kamu yang baru mau memulai agar jangan takut untuk mengembangkan ide dalam melukis.

"Kamu bisa tanamkan dari dalam diri sendiri bahwa lukisan setiap orang itu berbeda. Jika kamu sedang diajarkan oleh mentor dan gambar kamu tidak sesuai, itu bukan berarti lukisan kamu jelek dan tidak bagus. Karena persepsi orang bagus atau jeleknya itu beda-beda, semakin berbeda semakin bagus. Ada yang ikut sesi lukis Live kita, ketika hasilnya berbeda dia malah malu dan minder. Padahal kalau sama mending kita beli kamera, Melukis itu terbentuk dari mood seseorang, personalitynya seperti apa, itu yang paling penting, lukisan itu bukan sesuatu yang instan. Semakin kita sering mencoba mencampur warna, semakin bagus lukisan kita," tuturnya panjang lebar.

Melukis bersama BartegaMelukis bersama Bartega. Foto: Instagram @bartega.studio.


Simak Video "Rugi Miliaran Gegara Corona, EO Putar Otak Bikin Pertemuan Virtual"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)