Viral Tagar #WomenSupportingWomen di Instagram, Tantangan Apa Lagi?

Hestianingsih - wolipop Selasa, 28 Jul 2020 12:41 WIB
Reese Witherspoon ikut tantangan #womensupportwomen. Reese Witherspoon ikut tantangan #womensupportingwomen. Foto: Instagram
Jakarta -

Foto hitam-putih mewarnai Instagram beberapa hari belakangan ini. Para wanita kompak mem-posting foto diri mereka dalam palet monokrom yang disertai dengan kata-kata inspiratif.

Tagar #ChallengeAccepted dan #WomenSupportingWomen juga mereka sematkan di depan serta akhir kalimat. Kini tantangan Instagram tersebut jadi tren. Sedikitnya sudah ada 3 juta postingan dengan tagar #WomenSupportingWomen yang juga ikut diramaikan para selebriti.

Sebenarnya seperti apa tantangan #WomenSupportWomen yang sedang ramai di media sosial ini?

Tantangan Instagram ini mulai ramai pada Senin (27/7/2020) ketika sejumlah selebriti mengunggah foto mereka secara bersamaan dalam warna hitam-putih. Kata-kata inspiratif dituliskan pada caption foto tersebut. Tujuannya adalah memberi pesan kepada sesama wanita bahwa mereka berharga, dicintai, dan saling mendukung.

Menurut juru bicara Instagram seperti dikutip dari The Cut, tagar #WomenSupportingWomen merupakan cara para wanita untuk menyebarkan cinta dengan kata-kata motivasi. Efeknya mungkin tidak langsung tapi diharapkan tantangan ini bisa memberikan pesan positif kepada setiap wanita di dunia.

"Dimaksudkan untuk merayakan kekuatan, menyebarkan cinta, dan mengingatkan pada semua wanita bahwa mendukung satu sama lain adalah segalanya," tuturnya.

[Gambas:Instagram]



Siapa pencetus tantangan #WomenSupportingWomen?

Tidak diketahui dengan jelas siapa yang paling pertama memulai tantangan ini. Kepada New York Times, perwakilan Instagram mengatakan bahwa tagar #WomenSupportingWomen muncul sekitar satu minggu lalu di kolom jurnalis Brasil, Ana Paula Padrao.

Namun hal tersebut juga belum dapat dikonfirmasi kepastiannya. Seorang humas dan manajer pemasaran untuk para influencer mengatakan kemunculan tantangan dan tagar #WomenSupportingWomen bisa jadi dipicu oleh pidato Alexandria Ocasio-Cortez, anggota dewan AS dari Partai Republik, di DPR.

Dia mengatakan bahwa Ted Yoho, anggota kongres perwakilan Florida, telah melakukan pelecehan secara verbal. Membentaknya dengan kata-kata 'f***ing bitch', 'disgusting' dan 'out of your freaking mind' ketika keduanya berpapasan di Gedung Parlemen.

"Saya sedang sibuk mengurusi urusanku sendiri, jalan menuruni tangga, dan Anggota Kongres Yoho menunjuk wajahku dengan jarinya, menyebutku menjijikkan, gila, dan hilang akal. Dan dia menyebutku berbahaya," tutur Cortez dalam pidatonya, dikutip USA Today.

Menurutnya kata-kata tak senonoh yang dilontarkan di depan reporter kala itu menunjukkan bahwa sudah jadi hal lumrah untuk memanggil setiap wanita dengan sebutan itu. Padahal wanita juga berhak dihormati dan dihargai.

"Yana mau saya bilang di sini bahwa perbuatan menyakitkan yang dimulai Pak Yoho, untuk melawan saya, bukan hanya tertuju kepada saya, tapi ketika kamu melakukannya ke setiap wanita, apa yang dilakukan Pak Yoho adalah sebuah persetujuan ke pria lain untuk melakukan hal yang sama ke putrinya," tutur Cortez.

Insiden dan pidato itu disebut-sebut memicu para wanita lebih vokal menyuarakan femininisme dan pemberdayaan wanita. Sehingga muncullah tagar #WomenSupportWomen yang tak hanya untuk mendukung Cortez tapi juga semua wanita.

[Gambas:Instagram]



Bagaimana ikut tantangan Instagram #WomenSupportingWomen?

Ini merupakan tantangan berantai. Dimulai dengan mem-posting foto diri atau foto selfie terbaikmu dan warnanya diubah jadi hitam-putih. Setelah itu tulis kata-kata inspiratif dan tag beberapa teman untuk meneruskan tantangan tersebut.

Bagi siapa pun yang mendapatkan tag harus mengunggah fotonya juga dan menambahkan tagar #ChallengeAccepted di depan caption, diakhiri dengan tagar #WomenSupportingWomen. Kemudian dia juga harus tag teman-temannya yang lain agar tantangan ini tidak pernah putus.



Simak Video "Viral #VogueChallenge di Medsos, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)