Cetak Sejarah, Ini Transgender Miliuner Pertama dan Satu-satunya di Asia

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 29 Jul 2020 08:28 WIB
Anne Jakkaphong Jakrajutathip Anne Jakrajutatip, transgender perempuan yang sukses merintis bisnis media di Thailand. (Foto: Instagram/@anne.jknofficial)
Bangkok -

Anne Jakrajutatip adalah seorang transgender yang sukses merintis bisnis media di Thailand. Ia bahkan menjadi transgender perempuan pertama dan satu-satunya yang berstatus miliuner di Asia.

Anne mengklaim status tersebut dalam sebuah unggahan di Instagram-nya belum lama ini. "I'm Anne Jakrajutatip, the First and Only Transwoman Billionaire of Asia by Forbes Magazine," tulis pendiri perusahaan JKN Global Media itu.

Ia menyertakan foto dirinya saat sedang diwawancarai CNBC Thailand, berikut logo majalah Forbes Thailand.

[Gambas:Instagram]



"Thank you to everyone who has the wonderful support. God bless you! I'm a strong and tough woman," tulisnya lagi seraya mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang telah mendukungnya selama ini.

Jakkaphong 'Anna' Jakrajutatip mendirikan JKN Global Media pada 2013. JKN lalu berkembang dan memegang hak distribusi film-film dan program-program televisi di Thailand dari Walt Disney Co., CBS Corp., dan Sony Corp. JKN juga menjalin kerja sama dengan CNBC untuk penyiaran selama lima tahun ke depan.

Di bawah arahannya, JKN berhasil menjadi salah satu perusahaan media terbesar di Thailand. Dikabarkan Bloomberg pada 2018, laba bersih full year perusahaan naik menjadi 188 juta baht (US$ 5,7 juta) pada 2017.

Menurut situs resmi JKN, laba tersebut naik dari 49 juta baht pada 2014 setelah pendapatan meningkat lebih dari tiga kali lipat menjadi 1,16 miliar baht tahun lalu dari hanya 304 juta baht.

Adapun laba pada paruh pertama melonjak 66% dari tahun sebelumnya menjadi 139 juta baht.

Anne Jakkaphong JakrajutathipAnne Jakkaphong Jakrajutathip (Foto: Instagram/@anne.jknofficial)

Berkat kesuksesannya, lulusan Hubungan Internasional Bond University Sydney, Australia, itu, dianugerahi penghargaan Asia Media Woman of the Year di Content Asia Summit 2019 di Singapura. Seperti dikabarkan Bangkok Post, ia menjadi orang Thailand pertama sekaligus transgender perempuan pertama yang menyabet penghargaan tersebut.

Perjalanan berbisnis selalu tak mudah dilakoninya. Apalagi dengan statusnya sebagai seorang transgender, ia kerap mengalami diskriminasi dan dikucilkan orang.

Namun, ia pantang menyerah dan berhasil membuktikan bahwa orang sepertinya juga bisa sukses. Terbuka pada perubahan menjadi kunci suksesnya.

"Anda harus cerdik dan belajar lewat interaksi bersama orang. Itu transformasi saya. Dan fakta bahwa saya terlahir lagi menjadi transgender perempuan, itu artinya saya terus bertransformasi setiap saat," kata Anne yang saat ini berusia 40 tahun.



Simak Video "Wow! Model Transgender Ini Jadi Cover Majalah Playboy Jerman"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)