Viral Jadi Rektor Termuda, Risa Santoso Ungkap Tips Sukses untuk Millennial

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 07 Nov 2019 15:06 WIB
Foto: Muhammad Aminudin Foto: Muhammad Aminudin

Jakarta -

Risa Santoso menjadi rektor muda di usia 27 tahun. Dipercaya sebagai rektor baru Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang, tentu adalah sebuah prestasi dan kebanggaan tersendiri meski juga merupakan suatu tanggung jawab besar. Kepada Wolipop, Risa pun membagi sekelumit kisah dan tips suksesnya sebagai seorang pemimpin muda.

Tak banyak memang anak muda yang sudah berada di posisi Risa sekarang. Ia sendiri tak langsung jadi rektor karena telah menempuh sejumlah pendidikan dan pengalaman, termasuk menjadi direktur pengembangan di institut yang dipimpinnya. Wanita lulusan Harvard University Graduate School of Education itu pun memberi pesan-pesan kepada sesama millennial dan mahasiswa untuk bisa mencapai posisi tinggi di usia muda.

"Anak muda harus berani menjadi pembaharu. Jadikan kampus atau lingkungan sebagai tempat untuk terus mengasah diri. Jangan takut salah, karena belajar tidak mengenal batas. Ambil kesempatan yang diberikan dan lakukan yang terbaik. Tentunya jangan banyak mengeluh, dijalani sebaik mungkin saja," ujarnya kepada Wolipop.

Memimpin sebuah institut pendidikan di usia muda pasti memiliki tantangan tersendiri. Rektor Institut Asia di Malang, Jawa Timur ini pun mengaku merasa bertanggung jawab untuk membawa para mahasiswa menjadi manusia unggul. Karena itu, wanita bergelar Risa Santoso, BA., MA. Ed juga berusaha menantang dirinya sendiri.

"Dunia semakin cepat bergerak. Demikian juga dunia kerja yang akan semakin beragam. Sebagai rektor, saya memiliki tanggung jawab besar untuk mengantarkan adik-adik mahasiswa Institut Asia menjadi sumber daya manusia yang unggul dan dapat berkontribusi pada masyarakat sesuai zamannya.

"Maka, hal ini juga menjadi tantangan bagi saya untuk membuka jaringan atau relasi seluas-luasnya baik dalam maupun luar negeri," kata wanita yang pernah jadi tenaga ahli muda di staf kepresidenan itu.

Bagaimana dengan anak-anak muda yang ingin jadi rektor seperti Risa? Ia membagi lima hal penting yang menurutnya dibutuhkan untuk menjadi pemimpin sebuah universitas atau institut pendidikan.

"Yang pertama adalah memiliki keberanian untuk melakukan perubahan (positif). Kedua, memiliki tujuan yang jelas. Ketiga, mau dan bisa bekerjasama dengan banyak orang tidak mengenal batas usia serta bisa saling menghargai.

"Keempat, bangun relasi seluas-luasnya. Kelima, jangan takut mencoba hal-hal baru-baru. Karena dari kesalahan kita bisa belajar untuk lebih baik," ungkap rektor yang menjabat hingga 2023 tersebut.


Simak Video "Lipstik Pixy Make It Glow Series Bikin Jatuh Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)