7 Prospek Kerja Jurusan Kuliah Ilmu Komunikasi Ini Cukup Menjanjikan

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 21 Feb 2020 19:30 WIB
Divers group of high school of college graduates smiling during the graduation ceremony. They are standing in a row. Prospek Kerja Ilmu Komunikasi. Foto: iStock
Jakarta -

Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan kuliah paling populer. Tak heran memang mengingat jurusan ini bisa menghasilkan lulusan yang dapat bekerja di banyak bidang. Prospek kerja ilmu komunikasi pun beragam, mulai dari media, penerbitan, event organizer, hingga politik. Jika kamu calon mahasiswa yang sedang mempertimbangkan jurusan ini, berikut prospek kerja ilmu komunikasi.

Public Relations
Salah satu spesifikasi dari jurusan Ilmu Komunikasi adalah hubungan masyarakat yang biasa disebut Public Relations (PR). Pekerjaan tersebut fokus pada mengatur atau merencanakan imej seseorang atau perusahaan di mata publik. Karenanya, dibutuhkan kemampuan berbicara dan menulis yang memang dipelajari di jurusan ini. Prospek kerja Ilmu Komunikasi ini banyak diminati oleh wanita meski tak sedikit pula pria yang berprofesi sebagai PR.

Marketing/Iklan
Keahlian dalam memasarkan dan mengiklankan sesuatu juga dipelajari di jurusan Ilmu Komunikasi secara umum. Menjadi ahli marketing dan advertising pun menjadi beberapa prospek kerja Ilmu Komunikasi. Untuk bisa bekerja di bidang ini, diperlukan kepandaian dalam menginformasikan, mempersuasi, serta mengingatkan konsumen mengenai suatu produk, jasa, atau brand.

7 Prospek Kerja Jurusan Kuliah Ilmu Komunikasi Ini Cukup MenjanjikanProspek Kerja Ilmu Komunikasi. Foto: iStock

Jurnalis/Media
Salah satu prospek kerja Ilmu Komunikasi paling besar dan umum adalah bekerja di media. Kamu yang kuliah jurusan komunikasi bisa saja menjadi seorang jurnalis, penulis, editor, atau produser baik dalam media cetak maupun digital. Materi Ilmu Komunikasi pasti banyak diterapkan di ranah ini.

Juru Bicara
Banyak orang sukses lulusan Ilmu Komunikasi yang tidak bekerja di media. Dengan kemampuan mengolah kata baik secara lisan maupun verbal, lulusan komunikasi juga bisa jadi apa saja, termasuk juru bicara. Kamu bisa mewakili seseorang atau sebuah lembaga untuk menyampaikan sudut pandang mereka kepada masyarakat dengan cara yang lebih mudah dipahami. Prospek kerja Ilmu Komunikasi ini cocok untuk kamu yang biasa berdebat atau berorasi.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi.Prospek Kerja Ilmu Komunikasi. Foto: Getty Images



Konsultan Politik
Prospek kerja Ilmu Komunikasi lain yang bisa dilirik adalah sebagai konsultan politik. Meski tak selalu butuh gelar di jurusan ini, tentu akan lebih baik jika profesi tersebut punya latar belakang komunikasi. Jasa seorang konsultan politik biasanya membantu politikus terjun ke masyarakat dengan pendekatan dan cara komunikasi yang sesuai. Mereka juga sering kali diminta memberi saran bagaimana para politikus bisa terlihat simpatik di mata masyarakat.

Penulis
Jika berbicara mengenai prospek kerja Ilmu Komunikasi dan gajinya, penulis bisa jadi salah yang berpotensi memberi penghasilan besar. Cara-cara dasar menulis memang dipelajari di jurusan komunikasi tapi tentu perlu kreatifitas lebih untuk bisa menjadi seorang penulis besar. Tak hanya menjadi jadi penulis di media, kamu pun bisa menjadi penulis iklan, buku atau mungkin film.

Event Organizer
Belum menemukan perusahaan yang membutuhkan lulusan ilmu Komunikasi? Kamu bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. Salah satu bisnis yang bisa dihasilkan dari jurusan tersebut adalah event organizer. Untuk bisa bekerja di bidang ini, seseorang biasanya harus memiliki kemampuan komunikasi dan bekerja sama yang baik. Karenanya, pekerjaan ini juga masuk prospek kerja Ilmu Komunikasi.

Itulah tujuh prospek kerja ilmu komunikasi. Jadi pekerjaan mana yang tertarik kamu coba?



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/eny)