Keren, Ini Wanita 23 Tahun yang Pecahkan Rekor Turnamen eSport

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 15 Nov 2019 07:38 WIB
Foto: Facebook/Blizzard Entertainment Foto: Facebook/Blizzard Entertainment

Jakarta - Seorang pemain game profesional memecahkan rekor sebagai wanita pertama yang memenangkan pertanding eSport (electronic sport). Adalah Li Xiaomeng atau 'VKLiooon' yang menjuarai Heartstone Grandmasters Global Finals. Ia menjadi wanita termuda dan satu-satunya yang menyabet gelar jawara dalam pertandingan BlizzCon di AS setelah mengalahkan Brian 'bloodyface' dengan skor 3-0.

Kemenangan ini pun bukan hanya membuktikan bahwa wanita juga jago bermain game. Bagi Li, gelar tersebut juga menandakan jika ia berada dalam karier yang tepat. Berbeda dengan gamer biasa, atlet esport memang dilatih untuk memenangkan game bukan hanya bermain untuk kesenangan. Tentu profesi ini belum diakui sebagai pekerjaan yang benar-benar potensial di mata banyak orang.

"Itu membuktikan bahwa aku telah membuat pilihan karier yang tepat. Tidak ada yang percaya aku bisa berhasil sebagai pemain pro setelah kelulusanku tahun lalu. Aku mengorbankan semuanya. Hidupku akan sulit jika aku tidak bisa menang lagi di turnamen. Aku sangat bersyukur aku tidak menyerahkan pada impian Hearthstone dengan apa yang aku raih sejauh ini," ungkapnya dilansir Telegraph.

Heartstone sendiri adalah permainan kartu esport yang cukup populer keluaran Blizzard Entertainment. Li Xiomeng menjadi wanita pertama yang pernah menjuarainya. Ia pun menjadi perwakilan China satu-satunya.
Meski jumlah pemain game wanita mencapai 46%, memang belum banyak perwakilan mereka dalam pertandingan esport. Karena itu, kemenangan VKLiooon menjadi sebuah momen penting.

Keren, Ini Wanita 23 Tahun yang Pecahkan Rekor Turnamen eSportFoto: Facebook/Blizzard Entertainment
"Dua tahun lalu, aku ingat ketika berkompetisi di turnamen besar, aku menunggu untuk pendaftaran backup, dan ada pria yang mengatakan bahwa jika kamu wanita, kamu tidak seharusnya berbaris di sini, ini bukan untukmu,"

"Dan sekarang hari ini, aku di sini dengan semua dukungan dari para fans. Jadi aku ingin mengatakan pada wanita di luar sana yang punya mimpi dalam eSport, untuk kompetisi, untuk kemenangan, jika kamu ingin melakukannya dan kamu percaya pada diri sendiri, kamu harus melupakan gendermu dan melakukannya," ujar Li Xiaomeng.

Wanita yang memenangkan uang US $200 ribu (Rp 2,8 miliaran) dari kejuaraan Hearthstone tersebut pun punya saran kepada para wanita yang ingin menjadi sepertinya.

"Pertama, pikirkan secara matang. Pikirkan kesulitan-kesulitan yang kamu mungkin lalui menjadi seorang pemain pro. Percaya pada dirimu sendiri dan jangan gampang menyerahkan ketika kamu memutuskan untuk berada di jalan ini," katanya.

Li yang sering berlatih bersama sang pacar sesama pemain eSport, iG.Syf, sebelum latihan itu mengaku mendapat dukungan dari ibunya. Sayangnya hal serupa tidak dilakukan sang ayah. Bahkan mereka belum pernah berbicara semenjak Li menjadi pemain game profesional.
"Kami belum berbicara satu sama lain sejak aku memilih menjadi pemain eSport. Aku tidak tahu apa dia bisa melihat beritaku menang dari mana pun jadi dia bisa menghubungiku dan bangga padaku," ujar Li.


Simak Video "Toni-Ann Singh, Pemenang Miss World 2019 dari Jamaica"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)