Cerita Risa Santoso Tentang Perjalanan Barunya Sebagai Rektor Termuda

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 07 Nov 2019 11:35 WIB
Risa Santoso, wanita yang jadi rektor termuda di Indonesia. Foto: Dok. Risa Santoso Risa Santoso, wanita yang jadi rektor termuda di Indonesia. Foto: Dok. Risa Santoso

Jakarta - Menjadi rektor di usia 27 tentu tidak biasa. Tak heran jika banyak mengagumi Risa Santoso yang belakangan jadi perbincangan setelah menjadi rektor muda.

Risa pun mengaku merasa terhormat dengan tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikannya untuk memimpin Institut Teknologi & Bisnis Asia Malang. Kepada Wolipop, wanita lulusan Universitas Barkeley dan Harvard ini membagi tips suksesnya sebagai rektor termuda.

Untuk menjadi rektor tentu dibutuhkan ilmu dan pengalaman terkait bidang. Meski masih muda, Risa tampaknya sudah cukup punya bekal. Selain menimba ilmu di universitas prestis, ia juga pernah menjadi tenaga ahli muda di staf kepresidenan dan direktur pengembangan Institut Asia Malang.



Cerita Risa Santoso Tentang Perjalanan Barunya Sebagai Rektor TermudaFoto: Dok. Risa Santoso


Namun menurut Risa, pendidikan atau ijazah tak lantas melahirkan pemimpin. Ia pun menekankan pentingnya kerja keras, kreatifitas, dan menciptakan inisiatif baru.

"Saya kira pempimpin itu lahir karena kerja keras dan kreativitas yang terus dikembangkan untuk lingkungan. Dan saya meyakini bahwa ilmu yang saya peroleh bukan untuk diri sendiri, saya ingin berbagi pada adik-adik mahasiswa di negeri ini.

"Yang penting adalah kita semua harus selalu melek akan peluang atau kesempatan, dan tidak takut untuk menciptakan inisiatif baru," ujarnya ketika dihubungi Wolipop pada Kamis (7/11/2019).

Risa Santoso.Risa Santoso. Foto: instagram


Risa bercerita jika ia sebenarnya tak pernah bermimpi menjadi seorang rektor. Namun setelah mendapat amanat baru sebagai Rektor Institut Asia, wanita tersebut melihat sebagai sebuah amanat dan tantangan dalam perjalanan karier dan berkontribusi pada bangsa.

"Sama sekali tidak mimpi ingin menjadi Rektor. Ini adalah amanat baru bagi perjalanan karir saya. Artinya saya ditantang untuk memberikan kontribusi lebih pada dunia pendidikan "

"Dan saya melihat kesempatan emas ini sebagai sebagai bukti bahwa anak muda Indonesia dapat memimpin. Maka saya merasa posisi ini perlu saya ambil agar saya bisa berkontribusi pada pertumbuhan bangsa ini," tambah Risa Santoso.





Simak Video "Lipstik Pixy Make It Glow Series Bikin Jatuh Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/eny)