Livi Zheng Kukuh Filmnya Masuk Oscar, Ini Ciri-ciri Orang yang Narsistik

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 02 Sep 2019 15:00 WIB
Livi Zheng. Foto: dok KJRI Livi Zheng. Foto: dok KJRI

Jakarta - Sutradara Livi Zheng diragukan setelah mengaku kedua filmnya 'Brush with Danger' dan 'Bali: Beats of Paradise' berhasil masuk seleksi Oscar. Livi pun dihadapkan dengan para sineas termasuk Joko Anwar dalam sebuah program di stasiun televisi swasta. Dalam acara itu, Livi mengelak semua tuduhan dan berusaha membuktikan pengakuannya yang kemudian mendapat pernyataan pedas dan menyudutkan.

Livi Zheng pun terlihat seperti tidak bisa menerima kritikan dari para bintang tamu. Ia juga dianggap narsis karena dianggap melebih-lebihkan prestasi. Anda mungkin sering menemukan tipe orang dengan ciri-ciri tersebut di lingkungan kerja atau keluarga. Berikut tanda-tanda orang sulit dikritik yang bisa menjadi salah satu gejala narsisme.

1. Tidak Terima Dikritik
Kritikan memang kadang sulit diterima, apalagi jika menyerang karakteristik atau sesuatu yang pribadi. Namun tidak seharusnya seseorang menolak semua kritikan, apalagi yang sifatnya membangun. Seseorang yang tampaknya akan pernah bisa menerima kritikan umumnya selalu mengelak bahkan marah ketika kejelekkannya diungkit.

2. Selalu Defensif
Orang yang sulit dikritik tentu akan bersikap defensif atau membela diri ketika diberi komentar yang tidak menyenangkan. Dengan berbagai klaim, ia akan membuktikan sekuat mungkin bahwa dirinya memang tak pernah bersalah sejak awal.

3. Merasa Selalu Benar
Selalu merasa benar juga merupakan salah satu tanda orang narsisme yang sulit dikritik. Karena tidak menganggap dirinya melakukan sesuatu yang salah, tentu orang tersebut akan anti dengan kritikan. Orang-orang seperti ini biasanya juga akan sulit mengubah kebiasaan buruknya.

4. Merendahkan Pendapat Orang
Beberapa orang tidak mau menerima kritikan dari pihak-pihak tertentu yang dianggapnya kurang kompeten. Jika sudah memandang rendah orang sejak awal, tentu apapun yang dikatakan orang tersebut tak akan didengarkan. Padahal siapa pun bisa memberi masukan yang membangun jika dilihat secara positif.

5. Tersinggung dengan Cara Penyampaian
Beberapa orang tidak bisa menerima kritikan karena merasa tersinggung dengan cara penyampaiannya yang dianggap tidak menyenangkan. Cara penyampaian memang bisa sangat berpengaruh terhadap penerimaan sebuah kritikan. Karenanya, untuk orang-orang yang lebih anti dikritik coba cari kata-kata dan cara mengutarakan tepat agar bisa lebih mudah diterima.

6. Terlalu Sensitif
Orang yang antikritikan bisa saja langsung menghindar dan marah ketika diberikan masukan. Jika dibiarkan terus terjadi, orang seperti ini bisa saja kehilangan hubungan-hubungan penting dalam hidupnya.

7. Tak Pernah Mendengarkan
Menurutpakarorangnarsis yang sulit menerima kritikan juga tak pernah mendengarkan perkataan orang lain. Percakapan mereka biasanya hanya berkisar mengenai diri sendiri. Saat berbicara dikatakan jika mereka suka melebih-lebihkan gerakan dengan suara besar dan seperti tak mau mendengarkan pendapat yang lain.


Simak Video "Isi Goodie Bag untuk Tamu Undangan Oscar Senilai Rp 1,4 M"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)