Tips Aman KKN di Desa untuk Menghindari Kejadian 'Menyeramkan'

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 31 Agu 2019 21:17 WIB
Ilustrasi. Foto: iStock Ilustrasi. Foto: iStock

Jakarta - Sebagian mahasiswa harus menjalani KKN (Kuliah Kerja Nyata) sebelum bisa lulus. Tak jarang KKN harus dilakukan di sebuah desa di luar daerah. Selama KKN, mahasiswa kerap dihadapkan dengan kejadian-kejadian kurang menyenangkan atau tidak terduga. Untuk memastikan KNN berjalan lancar, nilai laporan baik, diri tetap sehat dan aman, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai. Berikut tips aman menjalani KKN di desa untuk menghindari kejadian 'menyeramkan'.

1. Persiapkan Diri

Sebelum menjalani KKN persiapan yang matang perlu dilakukan. Selain memastikan perlengkapan terkait KKN sudah tersedia, keperluan pribadi tentu jangan sampai ketinggalan. Sebagian mahasiswa harus pergi ke daerah terpencil sehingga bisa sulit menemukan beberapa barang. Jika bisa buat daftar perlengkapan bersama teman-teman agar tidak ada yang kelewatan.



2. Riset Daerah

Setelah itu, lakukan riset mengenai daerah yang akan didatangi. Kalau bisa cari tahu di mana letak pasti daerah untuk alasan keamanan. Kemudian riset pula mengenai budaya masyarakat sekitar untuk bisa menyesuaikan serta menjaga diri. Dengan begitu, kamu bisa lebih mengenali daerah sekaligus berhati- hati selama KKN.

3. Jaga Kesehatan

Tinggal di lingkungan asing apalagi dengan aktivitas yang padat bisa membuat kamu jatuh sakit. Untuk itu, jagalah kesehatan. Ketahui hal-hal yang biasa membuat kamu sakit dan coba dihindari selama KKN. Pastikan untuk makan dengan baik dan persiapkan pula obat-obat yang sekiranya dibutuhkan.

4. Berbaur dengan Warga

Setelah meriset kebiasaan dan kebudayaan masyarakat sekitar, coba berusaha untuk berbaur dengan warga sesuai hal-hal yang telah kamu pelajari. Selain bisa melancarkan proses KKN, kamu juga bisa saja mendapatkan lebih banyak ilmu dan pengalaman dari mereka.



5. Jaga Diri

Agar KKN berjalan aman tanpa kejadian tak terduga, pastikan untuk selalu menjaga diri. Hindari hal-hal yang bisa membahayakan atau menimbulkan tindak kriminalitas. Sebaiknya selalu pergi dengan teman-teman atau orang terpercaya, terutama ketika malam hari.



Simak Video "Ini Tips Biar Nggak Kalap Saat Belanja!"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/agm)