Kisahnya Viral, Ini Perjuangan Driver Ojol yang Lulus Cum Laude dari Undip

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 08 Agu 2019 16:01 WIB
Foto: dok. pribadi Leony Sondang Suryani Foto: dok. pribadi Leony Sondang Suryani

Jakarta - Sosok driver ojol bernama Leony ini menjadi viral setelah seorang temannya mengunggah fotonya dan kisahnya yang bisa lulus dengan gelar cum laude dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (UNDIP) baru wisuda dengan gelar cumlaude. Kepada Wolipop, Leony Sondang Suryani demikian nama lengkapnya, menceritakan perjuangannya bisa meraih prestasi di saat harus kuliah sambil bekerja sebagai driver ojek online.

Leony mengatakan awalnya dia sebenarnya tidak terpikir untuk kuliah di Undip, Semarang. "Cuma waktu SMA aku kepengen masuk Hukum. Tapi kedua orangtuaku maunya aku mengambil Fakultas Teknik. Akhirnya waktu SMNPTN diam-diam aku pilih Fakultas Hukum di Universitas Sumatera Utara (USU) tidak lolos. Lalu tingkat SBM aku pilih sesuai dengan kemauan Universitas Gajah Mada (UGM) dan tidak lolos," ujarnya memulai kisahnya.

Gagal di dua tes ujian masuk perguruan tinggi, Leony tidak menyerah. Dia mencoba lagi untuk masuk jurusan kuliah yang sudah diinginkannya sejak duduk di bangku SMU.

Kisahnya Viral, Ini Perjuangan Driver Ojol yang Lulus Cum Laude dari UndipFoto: dok. pribadi LeonySondangSuryani


"Kebetulan yang buka ujian mandiri hanya Undip. Ya sudah aku mau mencoba daftar lalu masuk," kata wanita yang mendapat nama panggilan Lele oleh teman-temannya di Fakultas Hukum Undip itu kepada Wolipop, Kamis (8/8/2019).

Seperti mahasiswa pada umumnya, Leony pun berusaha aktif di kampus. Bukan hanya kuliah, dia juga bergabung dengan organisasi debat di Fakultas Hukum Undip. Setiap hari dia pun rutin mengikuti latihan debat. Perlombaan debat antar kampus dijalaninya dan menghasilkan prestasi membanggakan.

"Lomba debat tingkat antar kampus tahun 2015 aku juara 2. Tahun 2016 tingkat nasional di UIN Jakarta, aku kalah semifinal tetapi kemudian aku ikut lagi sama kelompok debatnya aku disuruh ikut ke piala Mahkamah Konstitusi, ada dua tahap regional aku juara 1, yang nasional aku juara 3. Tahun depan aku ikut serta lagi dalam piala Mahkamah Konstitusi," urainya.
Kisahnya Viral, Ini Perjuangan Driver Ojol yang Lulus Cum Laude dari UndipFoto: dok. pribadi LeonySondangSuryani

Pada 2017 tepatnya ketika dia memasuki semester lima, Leony mulai terpikir untuk mencari tambahan uang jajan, membantu keuangan keluarga sekaligus mengisi waktunya yang mulai tidak padat dengan jadwal kuliah. Saat itu pun dia baru saja menyelesaikan lomba debat, jadi hari-harinya tidak lagi terlalu padat dengan jadwal latihan debat.

"Terus liat kantor gojek buka lowongan pendaftaran jadi driver. Karena semua persyaratannya lengkap dan kerjanya tidak terikat waktu. Jadi daftar saja. Aku juga ada motor pemberian orangtuaku jadi aku pakai saja," ucap Leony.

Leony mengaku dia sebenarnya nyaris tidak mendapat izin dari kedua orangtuanya. Ayah dan ibunya ragu memperbolehkannya bekerja sebagai driver ojol karena pekerjaan tersebut dilakukannya di jalanan sehingga mereka khawatir terjadi hal yang tidak diinginkan. Namun wanita 22 tahun itu meyakinkan kedua orangtuanya bahwa dia bisa menjalani pekerjaan itu dengan baik.

Selain bisa menjalani pekerjaan dengan baik, Leony juga dapat tetap membagi waktu antara kuliah dan narik ojek. "Caraku membagi waktu, kalau kuliahnya masuk siang, pagi harinya aku narik. Begitupun sebaliknya. Jadi, di sela-sela itu ada jam kosong atau dosennya berhalangan hadir, aku lanjut narik," ujarnya.

Kisahnya Viral, Ini Perjuangan Driver Ojol yang Lulus Cum Laude dari UndipFoto: dok. pribadi Leony Sondang Suryani


Selama bekerja sebagai driver ojol di Semarang, kendala berarti yang ditemuinya adalah menghafal atau mengenali nama-nama jalan di ibukota Jawa Tengah itu. Sebagai mahasiswi yang merantau dari Bogor, Leony sama sekali tak paham kawasan Semarang.

"Jadi, awalnya bingung juga jalanan di Semarang dan gang-gang untuk jalan pintas Aku belum paham. Makanya aku nanya-nanya orang atau mengandalkan Google Maps," kata Leony.

Leony kerap membagikan kesehariannya bekerja sebagai driver ojol di akun Facebook dan Instagramnya. Dia melakukan itu dengan harapan teman-temannya atau para netizen bisa memahami bagaimana sulitnya menjadi seorang driver ojol.

Kini Leony sudah sukses menarik perhatian bukan hanya teman-temannya tapi juga netizen melalui kisahnya sebagai driver ojol yang sukses lulus cum laude dari Fakultas Hukum Undip dengan IPK 3,67. Keviralannya ini mendatangkan banyak hal positif unutknya. "Ada beberapa yang minta kontakku untuk mengajak kerja. Ada dari lawfirm, kantor swasta," ungkapnya.

Sampai saat ini, Leony mengaku belum terpikir untuk berhenti bekerja sebagai driver ojol. Setelah lulus dia masih akan tetap narik ojek sambil mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya.
Kisahnya Viral, Ini Perjuangan Driver Ojol yang Lulus Cum Laude dari UndipFoto: dok. pribadi Leony Sondang Suryani





Simak Video "Fitria Manalu, Tetap Semangat di Tengah Keterbatasan"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)