3 Pertanyaan yang Sering Keluar Saat Wawancara Kerja dan Cara Menjawabnya

Silmia Putri - wolipop Kamis, 06 Sep 2018 09:13 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Wawancara kerja jadi momen yang penting untuk para first jober. Pertanyaan yang dilontarkan HRD biasanya terlihat ringan, tapi ternyata cara menjawabnya tak semudah itu.

Karir Mentor dari Australia, Michelle Gibbings membocorkan lima pertanyaan yang sering keluar saat wawancara kerja berikut cara menjawabnya. Dilansir dari Daily Mail, ia mengemukakannya satu persatu.

Pertanyaan pertama: Ceritakan tentang Dirimu!

Biasanya pertanyaan ini datang di awal pertemuan. Pertanyaan ini muncul untuk memulai obrolan. Tentu saja, penjelasan tentang 'diri sendiri' haruslah dalam ranah profesional atau pekerjaan.

Namun, menurut Michelle Gibbings kita tidak perlu menceritakan pengalaman kerja dari awal hingga akhir. Cukup beberkan secara garis besar pekerjaan yang telah dilakukan yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar hari itu.

Pertanyaan kedua: Mengapa Pilih Pekerjaan Ini?

Pertanyaan ini masuk kategori yang penting. Menurut Michelle Gibbings, jawabannya tidak hanya tentang diri sendiri tapi juga tentang perusahaan. Cari tahu tentang perusahaan dengan baik sebelum melamar

"Bicaralah dengan antusias tentang perusahaan, produknya, atau kultur di dalamnya. Kemudian jelaskan bagaimana kemampuanmu bisa membantu perusahaan," ungkap Michelle Gibbings dilansir dari Daily Mail.

Pertanyaan ketiga: Kamu Punya Pertanyaan?

Memberikan feed back terhadap percakapan sebelumnya juga tak kalah penting menurut Michelle Gibbings. Tak ada salahnya menanyakan kembali detail pekerjaan yang akan dilakukan jika diterima diperusahaan tersebut.

"Posisi pekerjaan ini sangatlah bagus, saya akan sangat senang jika bisa bekerja di sini. Menurut perspektif Anda, di bagian mana dari posisi ini yang perlu perubahan?" ungkap Michelle Gibbings menirukan pertanyaan yang bisa diajukan pelamar pekerjaan.

Antusiasme pelamar pekerjaan untuk menjadi lebih baik akan jadi pertimbangan besar. Pelamar kerja sebaiknya tidak hanya terlihat menginginkan pekerjaan tersebut, tapi juga ingin membuat posisi tersebut memiliki nilai lebih baik. (sil/agm)