Tak Pakai Laptop, Ini Cara Bos Twitter Bekerja dengan Handphone

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 06 Jun 2018 09:29 WIB
Tips bekerja efektif lewat handphone dari bos Twitter. Foto: Rachman Haryanto Tips bekerja efektif lewat handphone dari bos Twitter. Foto: Rachman Haryanto

Jakarta - Biasanya setiap karyawan 'dipersenjatai' paling tidak sebuah komputer atau laptop untuk bekerja. Mereka yang punya jabatan lebih tinggi pun tak jarang dibekali laptop lebih canggih dan gadget penunjang lainnya. Tapi tidak untuk seorang Jack Dorsey. Meski berstatus bos, Jack melakukan semua pekerjaannya dari handphone.

Hal tersebut disampaikan CEO Twitter tersebut beberapa waktu lalu ketika ditanya mengenai caranya menjaga keamanan online. Tak seperti bos Facebook Mark Zuckerberg yang menempel solasi pada webcam, terungkap jika Jack tak melakukan banyak hal karena tak punya laptop untuk bekerja.

Baca juga: 7 Tips Agar Kerja Lebih Produktif dari Pengusaha Elon Musk

"Aku tidak punya laptop, tidak. Aku melakukan semuanya di ponsel," kata Jack dalam sebuah acara di Sydney, Australia dilansir Mashable.

"Itu penting untukku karena aku mematikan notifikasiku dan aku hanya menggunakan satu aplikasi di satu waktu. Jadi aku hanya membuka satu aplikasi dan aku bisa benar-benar fokus pada apa yang ada di depanku dari pada semuanya muncul seperti (jika bekerja) pada laptop," tambahya.

Baca juga: Tips Kerja Produktif di Kantor: Duduk Dekat Jendela

Meski dari handphone, sebagai seorang bos tentu Jack banyak pekerjaan yang harus diurusinya. Dari pada mengetik dengan keyboard, Jack pun lebih memilih fasilitas dictating dan voice typing untuk membantunya bekerja. Menurutnya, cara tersebut lebih praktis dan bisa membuat dunia kerja dan kehidupan pribadi lebih seimbang.

"Aku pikir apapun bisa menguras waktumu tapi alat-alat yang kita pakai terlalu banyak bekerja, terlalu banyak hal yang menarik, dan kamu bisa terjebak. Jadi aku melakukan banyak aturan pribadi, seperti aku tidak mengecek ponsel di pagi hari sampai aku berangkat bekerja dan ketika aku bekerja di ponsel aku mematikan notifikasi jadi aku tidak selalu beraksi pada apa yang muncul," kata Jack Dorsey.

Walau menggunakan ponsel untuk bekerja, Jack ternyata tidak memperbolehkan alat komunikasi itu menggangu waktu meeting-nya. Ponsel justru disingkirkan kala meeting demi kerja yang fokus dan efisien.

"Ketika kami sedang meeting, ponsel dimatikan, laptop ditutup jadi kami benar-benar fokus dan tidak hanya menghabiskan waktu bersama tapi membuat waktu itu berharga. Dan jika itu 15 menit, maka 15 menit, lalu kami melanjutkan kehidupan. Kalau kita membuka ponsel, jika kita membuat laptop, dan semuanya muncul, kita akan terganggu," tutur pria 41 tahun tersebut.
(sil/sil)