Selasa, 05/06/2018 09:40 WIB

7 Tips Agar Kerja Lebih Produktif dari Pengusaha Elon Musk

Rahmi Anjani - wolipop
7 Tips Agar Kerja Lebih Produktif dari Pengusaha Elon Musk Foto: istimewa
Jakarta - Suasana kantor yang berisik hingga notifikasi handphone yang tak berhenti berbunyi sering mengganggu produktifitas kerja. Apalagi saat bos dan rekan-rekan sedang sering mengajak meeting. Bos Tesla Elon Musk pun berbagi tips agar kerja lebih produktif dan efisien yang mungkin bisa Anda ikuti.

1. Meeting Besar = Buang Waktu
Beberapa waktu Elon Musk membagi tipsnya kepada para pagawai Tesla agar mereka bisa bekerja lebih produktif. Dalam surat terkait perubahan jadwal kerja untuk menyelesaikan Tesla Model 3 tersebut, Elon pun mengungkap jika ia kurang suka dengan meeting. Mantan kekasih Amber Heard itu mengaku jika meeting skala besar adalah sesuatu yang buang-buang waktu.

"Tolong buang semua meeting besar, kecuali kamu yakin itu akan bermanfaat untuk semua audiens, jika begitu buatlah lebih cepat," tulis Elon.

2. Kecuali Urgent
Bos Space X tersebut juga menginstruksikan agar para pegawainya hanya mengadakan meeting hanya saat ada sesuatu yang genting. "Juga buang meeting yang terlalu sering kecuali kamu berhadapan dengan urusan yang sangat mendesak. Frekuensi meeting seharusnya diturunkan saat masalah terselesaikan," kata Elon.

3. Bolos Meeting
Tidak suka meeting, Elon bahkan membolehkan para pekerjanya untuk bolos dan keluar ruangan. "Keluar saja dari meeting atau 'drop off' telepon ketika jelas kamu tidak menambah manfaat. Kamu tidak akan menjadi orang yang tidak sopan kalau meninggalkan meeting, kamu akan jadi tidak sopan kalau membuat seseorang bertahan dan membuang waktu mereka," tutur Elon.

4. Jangan Pakai Jargon
Agar menghemat waktu Elon pun menyarankan agar para pegawainya menghindari kata-kata yang bikin bingung. Misalnya jargon, akronim, atau kata-kata tak biasa lain terkait obyek, software, atau proses. Menurutnya, kata-kata yang butuh penjelasan akan menghambat komunikas.

5. Hindari Sistem Hierarki
Birokrasi atau struktur hierarki yang terlalu rumit juga menghambat komunikasi dan membuat kerja tidak produktif. Elon pun tidak ingin jika hal tersebut menjadikan para pekerja kurang efisien. "Manajer siapapun yang memaksakan rantai komunikasi komando akan bekerja di tempat lain," tegasnya.

6. Langsung Ngomong
Karena itu, Elon menginginkan jika pekerja Tesla dapat berbicara langsung dengan orang yang bersangkutan tanpa perantara. Bahkan jika pekerja new entry ingin berbicara dengan vice president, itu bisa dilakukan secara langsung. "Seharusnya tidak apa-apa jika orang ingin berbicara langsung dan melakukan hal dengan benar," tulis Elon.

7. Jangan Buang Waktu
Elon lagi-lagi menegaskan agar para pegawai tidak membuang waktu untuk mengikuti aturan-aturan menggelikan. Ia menyarankan agar orang-orang menggunakan common sense mereka untuk menentukan apakah aturan itu perlu diikuti atau tidak. Jika tidak, seharusnya aturan diubah. (ami/asf)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com