Fabulist 2017

7 Fakta Mengejutkan Tentang Dunia Kerja di 2017 yang Harus Kamu Tahu

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 28 Des 2017 18:35 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Hingga kini penelitian mengenai karier dan dunia kerja masih banyak dilakukan. Tujuannya tentu untuk meningkatkan efektivitas para profesional dan hasil kerja yang lebih maksimal. Sepanjang 2017 cukup banyak riset yang mengungkap fakta-fakta menarik mengenai dunia kerja. Berikut tujuh di antaranya yang patut Anda ketahui.

1. Wanita Berprofesi Ini Dibayar Jauh Lebih Tinggi dari Pria
7 Fakta Mengejutkan Tentang Dunia Kerja di 2017 yang Harus Kamu TahuFoto: Dok. Instagram
Di sejumlah bidang kerja mungkin para wanita karier perlu berusaha lebih keras agar pendapatannya setara dengan pria. Namun ada satu industri di mana bisa dipastikan jika wanita bergaji lebih besar. Adalah profesi influencer wanita yang menurut riset dibayar lebih banyak dari influencer pria. Penelitian yang dilakukan pada influencer dengan pengikut lebih dari 100.000 ribu itu pun mengungkap jika wanita menghasilkan 35% lebih besar. Baca selengkapnya:

2. 8 Profesi yang Rentan Bercerai
7 Fakta Mengejutkan Tentang Dunia Kerja di 2017 yang Harus Kamu TahuFoto: Getty Images
Tak sedikit suami-istri yang menemukan ketidakcocokan karena tuntutan profesi masing-masing atau salah satu dari mereka. Menurut penelitian, ada beberapa profesi yang para pekerjanya rentan mengalami perceraian. Berdasarkan sensus American Community Survey, orang yang bekerja di dunia malam dan tempat hiburan rentan bercerai. Intip delapan profesi itu, di sini:

3. 10 Perusahaan Indonesia dengan Wawancara Kerja Paling Sulit
7 Fakta Mengejutkan Tentang Dunia Kerja di 2017 yang Harus Kamu TahuFoto: Thinkstock
Agar pekerja yang terpilih benar-benar berkualitas, sejumlah perusahaan sengaja melakukan sesi wawancara yang lebih sulit dari kantor kebanyakan. Hal tersebut biasanya dilakukan perusahaan besar yang butuh sumber daya manusia pilihan dan potensial. Interview ketat memang wajar dilakukan mereka untuk menjaga reputasi perusahaan. Bank Indonesia, PT HM Sampoerna Tbk, PT Checron Pacific Indonesia adalah tiga perusahaan teratas dalam daftar. Lihat daftar selengkapnya.

4. Pekerjaan Paling Membahagiakan dan Menyedihkan
7 Fakta Mengejutkan Tentang Dunia Kerja di 2017 yang Harus Kamu TahuFoto: Thinkstock
Menurut hasil penelitian ini, bidang kerja yang paling membuat karyawannya bahagia ternyata adalah ekonomi. Mereka yang bekerja sebagai banker atau sales merasakan kepuasaan kerja yang lebih tinggi dibanding para responden lain. Dikatakan jika 75% responden yang berkarier di bidang ekonomi cukup merasa puas meski tidak benar-benar mencintai profesi. Lalu apa profesi di bidang kerja apa yang paling membuat karyawannya stres dan sedih? Lihat di sini.

5. Jabatan Tinggi Bikin Orang Kurang Empati
7 Fakta Mengejutkan Tentang Dunia Kerja di 2017 yang Harus Kamu TahuFoto: Thinkstock
Para peneliti menganalisa sebanyak 45 CEO dan pemimpin yang menjadi responden. Mereka diminta untuk membayang masa-masa ketika mereka merasa berkuasa, netral, dan tidak berdaya. Kemudian para bos juga diperintah untuk meremas bola demi mengetahui respon otak. Di situ, terungkaplah jika area di mana otak berurusan dengan empati ternyata kurang responsif pada mereka. Ketahui di sini apakah bos Anda termasuk salah satu bos kurang empati itu.

6. Daftar 20 Profesi yang Pegawai Wanitanya Merasa Paling Bahagia
7 Fakta Mengejutkan Tentang Dunia Kerja di 2017 yang Harus Kamu TahuFoto: Thinkstock
Fairygodboss pun melakukan penelitian mengenai profesi yang pegawai wanitanya merasa paling bahagia. Situs tersebut pun mengumpulkan daftar pekerjaan yang tingkat kepuasaannya terhitung tinggi di kalangan kaum Hawa. Berdasarkan riset tersebut, terkumpullah 20 bidang karier yang membuat wanita paling bahagia. Apa pekerjaan Anda termasuk salah satunya? Lihat di sini.


7. Orang Berwajah Kurang Menarik Justru Bergaji Lebih Tinggi
7 Fakta Mengejutkan Tentang Dunia Kerja di 2017 yang Harus Kamu TahuFoto: Thinkstock
Banyak orang berusaha mengubah penampilan agar bisa berkarier di perusahaan idaman. Operasi plastik bahkan umum dilakukan orang Korea Selatan agar mudah dapat pekerjaan. Namun tampilan fisik bukanlah segalanya. Orang berwajah rupawan mungkin bisa dengan mudah diterima kerja tapi tidak menjanjikan gaji lebih tinggi nantinya. Sebaliknya mereka yang tidak terlalu atraktif justru punya penghasilan yang lebih menjanjikan. Baca hasil riset selengkapnya.

(ami/ami)